Jumat, 23 Agustus 2024

Tanah Laut – Tim Bidang Profesi dan Pengamanan (Propam) Polda Kalimantan Selatan (Kalsel) melaksanakan pemeriksaan terhadap materiil logistik (Matlog) milik Polri serta kelengkapan administrasi personil di lingkungan Polres Tanah Laut, Kamis (22/8).  

Kegiatan ini juga mencakup pemeriksaan penggunaan gampol, performance (sikap tampang), tes urine, serta sosialisasi Peraturan Kapolri Nomor 4 Tahun 2023 tentang Rehabilitasi Personil.

Pemeriksaan dilaksanakan di beberapa lokasi, yaitu Mako Polres Tanah Laut, Polsek Jorong, Polsek Pelaihari, dan Polsek Tambang Ulang. Sasaran pemeriksaan meliputi kendaraan dinas (Ranmor dinas), senjata api dinas yang digunakan oleh anggota, serta kelengkapan administrasi personil.

Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan bahwa seluruh personil Polri di wilayah Polres Tanah Laut mematuhi standar operasional yang berlaku, baik dalam penggunaan kelengkapan dinas maupun dalam hal administrasi dan sikap tampang. Hal ini juga sebagai bentuk pencegahan dini terhadap pelanggaran yang mungkin terjadi di lingkungan Polri.

Melalui pemeriksaan ini, diharapkan personil Polres Tanah Laut dapat meningkatkan disiplin dan profesionalisme dalam menjalankan tugas, serta mendukung upaya pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah hukum Polres Tanah Laut.

Tanah Laut - Polres Tanah Laut, Polda Kalimantan Selatan, menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja Intan 2024 dalam rangka pengamanan Pilkada Serentak T.A. 2024. Kegiatan tersebut berlangsung di lapangan apel Mapolres Tanah Laut pada Jumat (23/08).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Kapolres Tanah Laut AKBP M. Junaeddy Johnny, S.I.K., M.H., memimpin apel yang dihadiri oleh unsur Forkopimda Kabupaten Tanah Laut, Ketua KPU, Ketua Bawaslu, Seluruh Ketua Partai Peserta Pemilu Kab. Tanah Laut serta berbagai instansi terkait dan mitra kamtibmas.

Apel ini menandai dimulainya Operasi Mantap Praja Intan 2024, yang ditandai dengan pemasangan pita kepada para personel yang terlibat dalam operasi tersebut. Operasi Mantap Praja Intan 2024 direncanakan akan berlangsung dari tanggal 24 Agustus 2024 hingga 31 Desember 2024, sebagai upaya dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama berlangsungnya Pilkada Serentak.


Dalam kesempatan tersebut, Kapolres Tanah Laut membacakan amanat Kapolda Kalsel, yang menegaskan pentingnya peran Polri sebagai garda terdepan dalam mengamankan Pilkada Serentak. Kapolda Kalsel juga menekankan bahwa Polda Kalsel, yang didukung oleh TNI, instansi terkait, dan mitra kamtibmas lainnya, siap melaksanakan operasi ini dengan penuh dedikasi.

"Saya menyampaikan terima kasih serta penghargaan kepada berbagai pihak atas terselenggaranya Apel Gelar Pasukan Operasi Mandiri Kewilayahan Mantap Praja Intan 2024. Semoga apa yang telah kita lakukan ini dapat bermanfaat khususnya bagi masyarakat. Untuk itu, mari kita kuatkan tekad, saling bahu-membahu, dan bersama-sama melaksanakan tugas dan tanggung jawab kita secara ikhlas serta penuh semangat dalam rangka mengawal, menjaga, dan mengamankan tahapan-tahapan Pilkada Serentak Tahun 2024," ujar Kapolres saat membacakan amanat Kapolda Kalsel.

Apel Gelar Pasukan ini diharapkan dapat memantapkan kesiapan seluruh personel dalam menjalankan tugas pengamanan, guna mewujudkan Pilkada Serentak yang aman, damai, dan kondusif di wilayah Kabupaten Tanah Laut.

Setelah pelaksanaan apel yang berlangsung dengan khidmat, Kapolres Tanah Laut beserta seluruh jajaran Forkopimda dan tamu undangan lainnya melanjutkan kegiatan dengan melakukan pemeriksaan pasukan dan kendaraan.

Dengan semangat sinergi dan kebersamaan, Kapolres Tanah Laut dan seluruh Forkopimda memastikan bahwa semua elemen sudah siap untuk menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah Kabupaten Tanah Laut, menandai komitmen bersama untuk terus melindungi dan melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya.

Statistik Pembaca