Rabu, 09 Februari 2022

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau pelaksanaan kegiatan akselerasi vaksinasi serentak di seluruh wilayah Indonesia dengan hadir secara langsung di Bintan, Kepulauan Riau (Kepri), Rabu (9/2).

Dalam kesempatan itu, Sigit menekankan kepada seluruh jajarannya melalui sambungan virtual untuk menyiapkan strategi-strategi khusus guna mengantisipasi serta menghadapi lonjakan pertumbuhan Covid-19 yang disebabkan oleh varian Omicron.

“Sehingga tentunya kita harus melakukan langkah-langkah sebagai upaya menghadapi varian Omicron. Salah satunya yang paling prioritas adalah bagaimana kita melakukan akselerasi vaksinasi,” kata Sigit dalam arahannya kepada jajarannya diseluruh wilayah Indonesia.

Strategi pertama yang harus dioptimalkan, kata Sigit adalah terus melakukan akselerasi percepatan vaksinasi. Khususnya, bagi kelompok lanjut usia (lansia). Serta masyarakat yang sudah mendapatkan vaksin dosis dua namun telah memasuki atau melewati enam bulan, untuk segera mendapatkan suntikan booster atau dosis ketiga.

“Dan tentunya dalam kesempatan ini saya kembali mengingatkan dengam meningkatnya varian Omicron tentunya yang harus kita lakukan kemudian strategi-strategi. Sehingga kita bisa melakukan vaksinasi di wilayah terjauh. Dan tentunya ini perlu adanya kerjasama, strategi khusus,” ujar mantan Kapolda Banten ini.

Selanjutnya strategi kedua, dikatakan Sigit, adalah terus mengingatkan dan mensosialisasikan kepada masyarakat untuk tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan (prokes) dalam menjalani aktivitas sehari-harinya.

“Kedua adalah ingatkan masyarakat kembali untuk tetap menjaga protokol kesehatan. Karena hal itu salah satunya yang paling utama memakai masker,” ucap eks Kabareskrim Polri itu.

Menurut Sigit, terjadinya transmisi penularan kerap diakibatkan lantaran ketidakdisiplinan dalam penggunaan masker. Hal itu penting, sambung Sigit, lantaran varian Omicron memiliki tingkat penularan yang lebih cepat walaupun tingkat fatalitas lebih rendah dibandingkan varian Delta.

“Namun demikian manakala kemudian ini menular kemudian masuk kepada usia-usia rentan apalagi belum vaksin dan komorbid ini juga tetap menimbulkan fatalitas. Karena itu, mari kita saling mengingatkan untuk tetap pakai masker. Bila perlu pakai masker double utamanya di tempat yang ada aktivitas kerumunan. Ini untuk menjaga agar masyarakat semua bisa terhindar dari penularan,” papar Sigit.

Dan strategi yang terakhir, menurut Sigit adalah sinergitas dan soliditas antara Pemerintah Pusat, TNI-Polri Pemerintah Daerah, dan seluruh elemen masyarakat untuk terus bekerjasama dan bahu-membahu dalam rangka penanganan dan pengendalian Pandemi Covid-19.

Sigit berharap, seluruh pihak terkait yang berada di lini terdepan, untuk tidak lelah mengingatkan kepada masyarakat khususnya yang belum mendapatkan vaksin untuk segera melakukan vaksinasi. Hal itu guna meningkatkan imunitas bagi varian virus Covid-19.

“Pemerintah, baik itu Pemerintah Pusat, daerah dan seluruh stakeholder tentunya terus siapkan gerai vaksin dan strategi vaksinasi. Dan tentunya mari kita ingatkan pada saudara-saudara untuk memanfaatkan gerai tersebut. Khususnya bagi yang belum vaksin, atau yang sudah waktunya booster enam bulan harus dilakukan vaksinasi kembali,” tutup Sigit.

Tribratanews.polrestala.com - Kapolres Tanah Laut AKBP Rofikoh Yunianto, S.I.K mepimpin langsung upacara serah terima jabatan (sertijab) di lingkup Polres Tanah Laut, Rabu (9/2/2022).

Adapun Pejabat yang melaksanakan Upacara Sertijab tersebut adalah Wakapolres Tanah Laut dari Kompol Wahyu Ismoyo Jaya Wardana, S.I.K digantikan Kompol Irw
an Kurniadi, S.I.K  yang sebelumnya menjabat sebagai Kabag Ops Polresta Banjarmasin.

Kemudian Iptu Rio Adi Pratama, S.Tr.K, M.H yang sebelumnya menjabat Kaurbinops Sat Reskrim Polres Tanah Laut menggantikan oleh Iptu Avan Suligi, S.E yang akan mengemban tugas di Ditresnarkoba Polda Kalsel.

Selanjutnya Iptu Ahmad Baysory, S.E menjabat sebagai Kapolsek Tambang Ulang menggantikan Iptu Joko Sulistyo S, S.H yang menjabat sebagai Kapolsek Bati – Bati menggantikan Iptu Indra Permadi A Dasar, S.Sos, M.H yang mengemban tugas di Bidang Hukum Polda Kalsel.

Dalam sambutannya Kapolres Tanah Laut AKBP Rofikoh Yunianto, S.I.K menyampaikan serah terima jabatan itu adalah hal yang biasa yang dilakukan dalam rangka penyegaran organisasi.

“Kepada pejabat lama Iptu Avan Suligi, S.E., dan Iptu Iptu Indra Permadi A Dasar, S.Sos, M.H saya selaku pimpinan polres tanah laut beserta seluruh staf mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi - tingginya atas dedikasi, loyalitas dan pengorbanannya kepada institusi polri yang kita cintai ini, selamat melaksanakan tugas ditempat yang baru, teriring ucapan semoga Allah SWT selalu memberikan taufiq dan hidayah kepada kita semua” Ujar Kapolres.

Dia menambahkan Kepada pejabat baru Wakapolres Kompol Irwan Kurniadi, S.I.K dan Kasat Narkoba Iptu Iptu Rio Adi Pratama, S.Tr.K, M.H, saya mengucapkan selamat datang dan bertugas di Polres Tanah Laut.  

“Saudara harus menyadari bahwa tantangan tugas kedepan tidak akan menjadi lebih ringan, namun saya yakin dan percaya bahwa dengan pengalaman penugasan, kepemimpinan dan dedikasi tinggi yang telah saudara miliki, saudara akan mampu dan sukses dalam menjalankan tugas di polres tanah laut ini” Tambah Kapolres.

Hadir pada sertijab tersebut Para Pejabat Utama dilingkup Polres Tanah Laut, dan Para Kapolsek, dan perwakilan personel Bag, Sat, Sie, Polres  Tanah Laut. (pt)

Statistik Pembaca