Anggota Polsek Jorong Bripka Yudha.A laksanakan Sosialisasi kepada masyarakat terkait Saber Pungli kepada warga  di Wilayah Hukum Polsek Jorong Polres Tanah Laut Polda Kalimantan Selatan, Jum'at ( 09/07/2021 ). 


Adapun kegiatan himbauan/sosialisasi kepada masyarakat terkait Saber Pungli dilaksanakan dengan menggunakan Pamplet Saber Pungli kepada warga.

Dengan menyampaikan sosialisasi Saber Pungli secara rutin di harapkan bisa menekan pelanggaran terhadap suap dan pelayanan yang tidak prima di wilayah hukum Polsek Jorong Polres Tanah Laut Polda Kalsel. 

Dengan memerintahkan seluruh Polres jajajaran Polda Kalsel,*Kapolda Kalsel Irjen Pol Drs. Rikwanto, S.H.,M.Hum* juga berharap  tidak ada lagi warga yang melakukan suap atau memberikan imbalan kepada pejabat pemerintah untuk melancarkan berbagai macam urusan yang tidak sesuai dengan prosedur yang sudah berlaku.


 Pada hari Jum'at tanggal 09 Juli 2021 Seperti yang dilakukan personel piket Polsek Jorong bersama anggota melakukan patroli dialogis dengan warga di Desa simpang empat sei baru,  Bank BRI Bank Kalsel ,Perumahan, Pertokoan dan Perkantoran .Kegiatan Patroli Rutin ini sesuai instruksi bapak *Kapolda Kalsel Irjen Pol Drs. Rikwanto, S.H.,M.Hum*



Kapolsek Jorong Polres Tanah Laut Polda Kalsel. IPTU Andik Arianto S.H mengatakan jika anggotanya itu melakukan patroli dialogis sembari memberi imbauan dan pesan kamtibmas pada warga masyarakat, agar bersama-sama bisa menjaga situasi Kamtibmas di lingkungan masing-masing.“Dengan melakukan patroli Siang hari dan malam hari, setidaknya dapat mencegah para pelaku kejahatan maupun gangguan kamtibmas yang lainnya .


Dalam Meningkatkan Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan Di Wilayah Hukum Polsek Jorong dan Koramil Jorong melaksanakan Operasi Yustisi penegakan Disiplin Protokol Kesehatan yang dilaksanakan di wilayah Hukum Kecamatan Jorong, Jum'at (9/07/2021).


Kapolres Tanah Laut AKBP Cuncun Kurniadi, S. I. K. M.H, melalui Kapolsek Jorong IPTU Andik Ariyanto, S.H. Menyampaikan bahwa tujuan Operasi Yustisi Ini adalah untuk memutus Mata Rantai Penyebaran Covid-19 Di Wilayah Kecamatan Jorong .

Pemerintah Pusat dan Daerah telah mengeluarkan banyak Kebijakan demi mencegah Penyebaran Covid-19. Mari Bantu Lawan Corona dengan mentaati setiap Kebijakan Pemerintah dan mendukung setiap upaya yang dilakukannya.

“Polri Senantiasa Siap Mendukung Penuh Setiap Langkah Kebijakan Pemerintah Dalam Penanggulangan Covid-19. Mari Bersatu-Padu Bersama Pemerintah Untuk Membantu Memutus Mata Rantai Penyebaran Covid-19.

Polsek Jorong Polres Tanah Laut melaksanakan Pendisiplinan Protokol Kesehatan dalam rangka Percepatan Penanganan Covid 19 di wilayah Kabupaten Tanah Laut dengan melakukan Pencegahan Virus Corona ( COVID-19 ),Anggota Polsek Jorong secara rutin melakukan pengecekan suhu badan sebelum memulai aktivitas.

selain anggota Polsek Jorong masyarakat yang datang Ke Polsek Jorong juga harus melakukan
Pemeriksaan suhu badan dilanjutkan dengan mencuci tangan, kegiatan ini dilaksanakan PS. Kanit Provos Polsek Jorong AIPDA HARLI EFFENDIE. S.Sos bertempat di pintu masuk Mako Polsek Jorong (09/07).



Pada Hari Jum'at (09/07/2021) Anggota Polsek Jorong Polres Tanah Laut Polda Kalimantan Selatan Bripka Dedi Hermawan, melakukan Penyemprotan Desinfektan di Mako Polsek Jorong dan ruangan kerja khususnya ruang pelayanan untuk mencegah virus corona.


Kapolres Tanah Laut AKBP Cuncun Kurniadi, S.I.K. M.H., Melalui Kapolsek Jorong IPTU Andik Ariyanto, S.H. Menyikapi Kebijakan pemerintah untuk hidup sehat dan Selalu mematuhi Protokol kesehatan.

Kapolsek Jorong IPTU Andik Ariyanto, S.H, memerintahkan anggota untuk melakukan penyemprotan desinfektan setiap hari secara rutin sebelum melaksanakan aktifitas. Sehubungan dengan hal tersebut mari kita masing-masing anggota selalu mengantisipasi dan waspada terhadap keluarga kita sendiri di masing-masing individu sehingga dapat mencegah penyebaran virus corona.

 

Polsek Panyipatan Polres Tanah Laut Polda Kalimantan Selatan,Bhabinkamtibmas Desa Panyipatan Aiptu Fredy melakukan pengamanan dan Pembagian Masker kepada Jamaah Shalat Jum’at di Mesjid Darul Mu'minin Desa Panyipatan Kab. Tanah Laut. Jum’at (09/07/2021).

Hal itu dilakukan guna menjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat melaksanakan Sholat Jum’at di tengah Pandemi Covid - 19.

Kapolres Tanah Laut AKBP Cuncun Kurniadi S.I.K, M.H melalui Kapolsek Panyipatan Iptu Subardi Nampan menyampaikan bahwa  “Ini merupakan kegiatan rutin kami laksanakan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang akan melaksanakan Sholat Jum’at dan selalu tetap mematuhi Protokol Kesehatan, ” terangnya

Selain itu, ia juga menyebutkan bahwa dengan hadirnya personel Bhabinkamtibmas dapat mengingatkan kepada para jama’ah secara humanis terkait protokol kesehatan.“Disiplin penerapan protokol kesehatan adalah yang penting untuk itu kami tak henti-hentinya memberikan imbuan, ” tutur Kapolsek.

 

Polsek Panyipatan - Polres Tanah Laut - Polda Kalsel masih menemukan warga yang tidak menggunakan masker saat pelaksanaan operasi yustisi.

Jumat Pagi (09/07/2021), di pimpin oleh Wakil Kapolsek Panyipatan  bersama anggota jaga dan anggota koramil panyipatan melaksanakan operasi yustisi di Desa Batu Mulya Kec. Panyipatan Kab. Tanah Laut. Dalam operasi tersebut dengan maksud dan tujuan untuk menerapkan protokol kesehatan dimasa pandemi Covid-19 kepada masyarakat pengguna jalan yang tidak menggunakan masker.

Wakil Kapolsek Panyipatan Iptu Sulkani mengatakan bahwa masih ada warga yang ditemukan yang tidak menerapkan protokol kesehatan menggunakan masker sehingga harus di berikan tindakan. “Dan tindakan yang kami berikan berupa teguran dan sanksi sosial guna mendisiplinkan mereka dalam mengikuti protokol kesehatan terutama penggunaan masker jika beraktivitas di luar rumah, ” jelasnya.

Dengan sering di lakukannya operasi yustisi di wilayah hukum Polsek Panyipatan di harapkan agar seluruh lapisan masyarakat di Kec. Panyipatan semakin sadar akan pentingnya mematuhi protokol kesehatan di masa pandemi covid 19 ini, sehingga kedepannya tidak di temukan lagi warga yang masih melanggar aturan protokol kesehatan.

 

Polsek Panyipatan - Polres Tanah Laut - Polda Kalsel – Sesuai dengan petunjuk dan arahan dari Pimpinan agar anggota Polri terus mensosialisasikan dan mendisiplinkan masyarakat supaya mengikuti protokol kesehatan dalam kesiapan menuju ke tatanan atau adaptasi kebiasaan baru, Polsek Panyipatan merespon dengan secara aktif mengedepankan bhabinkamtibmas dalam melaksanakan kegiatan tersebut.

Dalam kesempatan itu, Bhabinkamtibmas Desa Suka Ramah Bripka Suradi memberikan dan menyampaikan pesan pesan Kamtibmas sekaligus mengajak warga untuk bersama sama menjaga kamtibmas yang aman dan kondusif sekaligus mengajak warga binaan untuk mematuhi protokol kesehatan dalam menghadapi adaptasi kebiasaan baru di tengah pandemi Covid-19.

“Kami minta kepada seluruh warga untuk tetap menjaga kesehatan, tetap semangat, tidak panik, tetap melakukan upaya melindungi diri, keluarga dan masyarakat dari adanya wabah Covid 19 dengan selalu menjaga imunitas, mengkonsumsi makanan yang bergizi, sesering mungkin melakukan cuci tangan dengan mengunakan sabun dan air mengalir, cukup istirahat, tidak stress, jaga jarak, hindari kerumunan orang banyak, jangan lupa selalu pakai masker utamanya saat bersih atau batuk dan juga saat beraktifitas diluar rumah,” Ucap Bripka Suradi.

Sementara itu, di tempat terpisah Kapolsek Panyipatan Iptu Subardi Nampan menyampaikan bahwa telah memerintahkan kepada seluruh anggota dan utamanya bhabinkamtibmas agar segera mensosialisasikan pemberlakuan adaptasi kebiasaan baru ditengah pandemi Covid-19.

“Saya selaku pimpinan di Polsek Panyipatan ini sangat berharap para bhabinkamtibmas mampu melakukan sosialisasi protokol kesehatan dan bisa menyentuh masyarakat sampai level terbawah, agar masyarakat dapat kembali produktif dan aman dari Covid-19,” tutur Kapolsek Iptu Subardi.

“Semoga dengan gencar melakukan sosialisasi tentang protokoler kesehatan dalam rangka adaptasi kebiasaan baru, warga dapat mentaati semua kebijakan pemerintah dan dapat menerapkan protokoler kesehatan sehingga kita bisa memutus mata rantai penyebaran Covid 19”

 





Guna mengantisipasi terjadinya tindak kejahatan maupun gangguan kamtibmas lainnya, jajaran Kepolisian Sektor Jorong terus melakukan patroli dibeberapa lokasi, khususnya Malam hari.

Kegiatan patroli malam hari tersebut dilakukan secara rutin oleh Personel Polsek Jorong Polres Tanah Laut Polda Kalimantan Selatan dengan sasaran Perkantoran, ATM Bank, SPBU, dan pemukiman penduduk maupun wilayah yang rawan gangguan kamtibmas pada malam hari.

Disela-sela patroli anggota juga melakukan dialogis dengan memberikan himbauan kamtibmas pada warga masyarakat, Kamis (08/07/2021) .

Dua personel Polsek Jorong Polres Tanah Laut Polda Kalimantan Selatan yang siang itu melaksanakan tugas piket Bripka Sahata Fernando Manurung dan Bripka Teguh Sastra , berpatroli di seputaran wilayah hukum Polsek Jorong. Keduanya selalu memberikan himbauan kamtibmas kepada setiap warga yang ditemui.

Kapolres Tanah Laut AKBP Cuncun Kurniadi, S.I.K. M.H, melalui Kapolsek Jorong Iptu Andik Ariyanto, S.H menyampaikan bahwa Mari kita bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan kita masing-masing, keamanan dan ketertiban bukan semata-mata tugas Polisi, namun karena keamanan adalah merupakan tanggung jawab kita bersama”.

Selanjutnya, petugas Patroli menitipkan pesan apabila mengetahui kejadian atau hal-hal yang mencurigakan diharapkan warga masyarakat untuk segera melapor kepada Bhabinkamtibmas atau kekantor Polisi terdekat.

 



Polres Jorong Polres Tanah Laut, Polda Kalimantan Selatan. Mengawali dan mengakhiri tugas Piket Jaga, Polsek Jorong melaksanakan kegiatan serah terima tugas dan tanggung jawab Piket Jaga, Kegiatan ini dipimpin oleh Kanit Provos AIPDA Harli Effendie, S.sos dan di ikuti oleh Piket jaga baru di halaman Mako Polsek Jorong Jalan A. Yani Km. 34 desa Jorong Kecamatan Jorong Kabupaten Tanah Lau Provinsi Kalimantan Selatan, Jum'at, 09/07/2021 pagi. Ini merupakan kegiatan Rutin regu jaga lama maupun regu jaga baru sebagai kesiapan melaksanakan tugas jaga selama di Mako Polsek Jorong

Kapolres Tanah Laut AKBP Cuncun Kurniadi, S.I.K. M.H, melalui Kapolsek Jorong IPTU Andik Ariyanto, S.H. menyampaikan bahwa serah terima tugas jaga Polsek Jorong merupakan kegiatan rutin dan wajib dilaksanakan oleh regu jaga lama maupun jaga baru, ini merupakan salah satu kesiapan personel jaga dalam pelaksanaan tugasnya,

selain itu pada kegiatan ini akan di sampaikan informasi dari petugas jaga lama ke petugas jaga baru, kemudian tanggung jawab barang inventaris yang ada di Kantor Polsek Jorong, setelah selesai kegiatan petugas akan melaksanakan tugasnya masing-masing.






Mengantisipasi melonjaknya kenaikan harga sembako diwilayah Kecamatan Jorong, Kepolisian Sektor (Polsek) Jorong melakukan kegiatan pengecekan dan monitoring langsung kepada para pedagang di Kecamatan Jorong Kabupaten Tanah Laut, hari Jum'at, ( 09/07/2021 )

Kegiatan monitoring ini dilaksanakan Anggota Polsek Jorong Polres Tanah Laut Polda Kalimantan Selatan “ Aipda Sigit Danar Dono “ dengan sasaran toko sembako yang ada diwilayah Jorong.

Dari hasil monitoring yang dilakukan personel Polsek Jorong kepada para pedagang, harga sembako serta bahan pokok lainnya tidak mengalami kenaikan. Harga-harga masih stabil walupun ada kenaikan namun relatif wajar.

Kapolres Tanah Laut AKBP Cuncun Kurniadi, S.I.K. M.H, melalui Kapolsek Jorong Iptu Andik Ariyanto, S.H berharap harga Sembako di wilayah Kabupaten khususnya Wilayah Kecamatan Jorong tetap Stabil dan Pihak Kepolisian Sektor Jorong akan terus melakukan pemantauan harga sembako di pasar atau toko di wilayah Kecamatan Jorong guna menjaga melonjak tingginya harga Sembako di Pasaran.

Anggota Polsek Jorong Polres Tanah Laut Polda Kalimantan Selatan, Pada hari Kamis tanggal 08 Juli 2021 Pukul 21.34 Wita bertempat di Kantor Bank BRI Unit Jorong.

Kapolres Tanah Laut AKBP Cuncun Kurniadi, S.I.K. M.H, melalui Kapolsek Iptu Andik Ariyanto, S.H. mengatakan bahwa dalam pelaksanaan tugas senantiasa harus Memberikan rasa aman dan menciptakan situasi yang kondusif.

Kapolsek Jorong Polres Tanah Laut Polda Kalimantan Selatan "Iptu Andik Ariyanto, S.H. " mengatakan ada sejumlah titik di wilayah hukum Polsek Jorong yang rawan akan 3C (curas, curanmor, curat) oleh karena itu anggota melaksanakan patroli malam hari guna mengantisipasi tindak kejahatan pada malam hari dan dalam rangka menciptakan situasi yang kondusif.

 



Pada Hari Jum’at, 09 Juli 2021, Anggota Polsek Jorong Polres Tanah Laut Polda Kalimantan Selatan yaitu Aipda Totok Ade dan Bripka Teguh Sastra melaksanakan Plotting Pagi.

Kapolres Tanah Laut AKBP Cuncun Kurniadi, S.I.K. M.H, melalui Kapolsek Jorong IPTU Andik Ariyanto, S.H.menyampaikan kepada Anggota yang piket untuk melaksanakan kegiatan Pengaturan lalu lintas setiap pagi hari di wilayah hukum Polsek Jorong Polres Tanah Laut Polda Kalimantan Selatan.

Kegiatan pengaturan arus lalulintas ini merupakan bentuk pelayanan kepada masyarakat, petugas membantu melancarkan arus lalulintas didaerah yang rawan kemacetan dan melakukan peneguran pengendara roda dua yang tidak menggunakan helm dan nyalakan lampu pada siang hari. “Menurutnya dengan petugas melakukan pengaturan arus lalulintas dijalan tersebut untuk menghindari kecelakaan lalulintas dan menaati peraturan berlalulintas agar situasi aman dan kondusif sehingga masyarakat merasa nyaman beraktifitas

 

 Bhabinkamtibmas Polsek Takisung mensosialisasikan ” Adaptasi kebiasaan baru” kepada warga masyarakat, mengingat masih adanya penyebaran Covid -19, supaya masyarakat mengerti dlm hal membiasakan diri untuk hidup Sehat, bersih dgn menerapkan protokol kesehatan, disamping itu supaya tetap memelihara keamanan serta ketertiban dilingkungan keluarga /tempat tinggal, wilayah Kecamatan Takisung maupun Desanya supaya situasi selalu kondusif.

Menindaklanjuti arahan Kapolsek Takisung Polres Tanah Laut Iptu Danang Eko P, S.Sos , Briptu Aris A melakukan Ssosialisasi ke Desa Binaannya, Jumat tgl 09/07/2021 

Pada saat kunjungan Bhabinkamtibmas menyampaikan pesan-pesan kamtibmas, himbauan maupun ajakan kepada I Ketut Wardi untuk tetap menjaga kebersihan di keluarga, lingkungan sekitar tempat tinggal dan yang paling penting waspada terhadap penyebaran virus corona Covid -19, biasakan diri untuk pakai masker, cuci tangan, jaga jarak bila bertemu dengan orang lain sehingga terhindar dari penularan virus Corona Covid -19.

Himbauan lain juga disampaikan oleh Bhabinkamtibmas kepada warganya apabila melaksanakan kegiatan – kegiatan adat /keagamaan mohon kiranya untuk tidak melibatkan banyak orang, dan dgn tetap mentaati protokol kesehatan “imbau Bripka Dhanny H.”

Ikhlas Melayani Tulus Melindungi

 

Polsek Panyipatan - Polres Tanah Laut - Polda Kalsel - Guna meningkatkan peran serta tokoh masyarakat dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban serta menjaga sinergitas kemitraan antara aparat keamanan dan tokoh masyarakat, Kanit Binmas Polsek Panyipatan Aipda Ruki Hartono melakukan silaturahmi ke tokoh masyarakat Kec. Panyipatan Kab. Tanah Laut. Jumat (09/07/2021).

Dalam kesempatan tersebut Kanit Binmas menyampaikan himbauan kamtibmas serta mengajak tokoh masyarakat agar membangkitkan semangat kepedulian dan kewaspadaan warga masyarakat terhadap pentingnya keamanan dan ketertiban masyarakat.“Keamanan dan ketertiban didalam masyarakat tidak mungkin akan dapat terwujud bila warga masyarakat tidak peduli dengan lingkungannya masing masing,” ucap Kanit Binmas Polsek Panyipatan.

Selanjutnya menyampaikan sebagai berikut “kami mohon agar tokoh masyarakat meningkatkan kewaspadaan keamanan dilingkunganya masing masing. Kemudian waspadai juga faham radikalisme, yang dapat merusak persatuan dan kesatuan warga masyarakat.

 




Demi terciptanya situasi keamanan dan ketertiban masyarakat tetap kondusif untuk mencegah adanya gangguan kamtibmas yang bisa terjadi setiap saat, maka sangat perlu setiap saat dilakukan pemantauan serta pengawasan diwilayah desa binaannya. Jumat (09/07/2021)

Bhabinkamtibmas dalam kegiatan sambang ke Warga Binaannya disela sela waktu duduk bersama di warung kopi bhabinkamtibmas menyampaikan pesan – pesan kamtibmas dan himbauan kamtibmas untuk ikut menjaga keamanan di lingkungan tempat tinggalnya dan tetap menjalin hubungan yang harmonis.

Kapolsek Takisung Iptu Danang Eko P, S.Sos mengatakan Bhabinkamtibmas selalu melaksanakan tugas dengan maksimal didesa dan lebih dekat dengan masyarakat serta mampu memberikan informasi yang positif bagi warganya di Desa Binaannya.

Kegiatan Bhabinkamtibmas melaksanakan sambang atau Door To Door Sistem ( DDS) , selain menyampaikan pesan-pesan kamtibmas dan himbauan, juga bertujuan untuk menjalin silaturahmi dan agar lebih dekat dengan masyarakat, disamping itu supaya lebih cepat dapat menyerap informasi yang berkembang ditengah-tengah masyarakat Desa binaannya sehingga situasi desa yang aman dan kondusif bisa tercipta, sehingga masyarakat bisa merasa aman dalam melakukan aktifitasnya.

Ikhlas Melayani Tulus Melindungi

 

Polsek  Panyipatan - Polres Tanah Laut - Polda Kalsel - Guna menjamin dan memberikan rasa nyaman serta dalam rangka mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid – 19 serta salah satu bentuk kegiatan yang bernilai ibadah , Bhabinkamtibmas Polsek Panyipatan Desa Kandangan Baru  Bripka Edy Ruvi melaksanakan penyemprotan disinfektan di areal Masjid Jamiatul Akhirat Desa kandangan Baru Kec. Panyipatan Kab. Tanah Laut. Jumat (09/07/2021).

Saat di konfirmasi awak Kapolsek Panyipatan Iptu Subardi Nampan menyampaikan,”Kegiatan yang dilakukan oleh anggotanya tersebut rutin dilakukan setiap hari Jumat , selain salah satu bentuk ibadah juga dalam rangka pencegahan Covid-19 serta memberikan kenyamanan warga beribadah di masjid, sehingga terhindari dari paparan virus Corona,”Ujar Kapolsek.

Iptu Subardi juga mengajak masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan, sebagai upaya pencegahan Covid-19 dengan selalu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

Dalam penyemprotan tersebut menggunakan alat semprot manual (sprayer) serta penerapan protokol kesehatan.Lokasi yang disemprot meliputi tempat wudhu,toilet, pekarangan masjid, serta di dalam masjid. Dengan dilakukan penyemprotan cairan disinfektan, kita berharap dapat memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di wilayah Kec. Panyipatan. Penyemprotan perlu dilakukan secara terus menerus mengingat penyebaran Covid-19 di wilayah Kabupaten Tanah Laut akhir-akhir ini semakin meningkat, tambahnya.

Statistik Pembaca