Hujan dengan intenaitas yang cukup tinggi terjadi di wilayah kecamatan Kurau dan sekitarnya menyebabkan debit air meningkat tajam, itu terlihat disepanjang aliran sungai Kurau yang melintasi wilayah Kecamatan Kurau. Bahkan dibeberapa titik terlihat ada yang sudah meluap ke pemukiman penduduk.

Untuk mengantisipasi kejadian bencana banjir tersebut anggota Polsek Kurau disiagakan dengan memantau beberapa titik yang dianggap rawan banjir. Sabtu (16/01/2021)

Kapolsek Kurau AKP Darso membenarkan kejadian tersebut bahwa,  “anggota Polsek Kurau telah disiagakan dengan berpatroli di lokasi rawan banjir untuk memonitor perkembangan debit air” ujar AKP Darso.

Lebih lanjut Kapolsek Kurau tersebut mengatakan bahwa,  “Bhabinkamtibmas juga telah disebar untuk koordinasi dengan perangkat desanya untuk memetakan daerah rawan banjir”, pungkas AKP Darso.

  Banjir awal tahun 2021 di Kec Kurau dan kec Bumi makmur memaksa warga desa yang terdampak banjir  mengungsi.

Banjir kali ini merupakan yang terparah dalam beberapa dekade terakhir. Dampaknya hampir dirasakan seluruh masyarakat di kec kurau dan bumi makmur.


Bersama sama dengan anggota polsek, polres ,satpolair , Koramil BPBD dan relawan laksanakan evakuasi penyelamatan korban banjir ini dilakukan sejak Rabu lalu.

Evakuasi penyelamatan warga yang terjebak banjir ini menggunakan dump truck milik pengusaha lokal yang terkenal bernama Bos Ego. Untuk membantu evakuasi korban banjir, juga digunakan mengantarkan makanan serta tenaga kesehatan ke lokasi bencana.
Dalam penyelamatan evakuasi warga sopir truck dan tim juga berhati-hati dalam mengoperasikan dump truck guna menyelamatkan korban banjir. Mereka mengutamakan aspek keselamatan karena menyangkut nyawa orang banyak.

Polsek Kurau Polres Tanah Laut Polda Kalsel Polres, Sabtu (16 /01/2021), telah melaksanakan Penyemprotan cairan Desinfektan di Mako dan seluruh ruangan Mako Polsek Kurau.

Kegiatan Penyemprotan cairan desinfektan di Mako polsek Kurau bertujuan untuk antisipasi atau pencegahan penyebaran Virus Corona ( Covid 19) .yang sekarang sudah menyebar ke wilayah indonesia. giat penyemprotan cairan desinfektan di seluruh ruangan mako polsek Kurau dilakukan oleh anggota Polsek Kurau.

Kapolsek Kurau AKP DARSO Mengatakan bahwa  penyemprotan cairan Desinfektan di Mako Polsek Kuru ini adalah bentuk pencegahan penyebaran Virus Corona (Covid-19) yang sekarang sudah mulai menyebar ke seluruh indonesia, dan sampai saat sekarang belum ada faksin yang bisa menyembuhkan virus corona, maka nya kita lakukan langkah-langkah pencegahan dengan melakukan penyemprotan desinfektan di Mapolsek Kurau.

Menuju New Normal, Polsek Kurau polres Tanah Laut Polda Kalsel terus memberikan sosialisasi kepada warga  dalam setiap kekesempatan.

Kapolsek Kurau polres Tanah Laut Polda Kalsel AKP Darso menuturkan, bahwa kegiatan sosialisasi ini adalah dalam rangka memberikan pemahaman kepada warga masyarakat di Kecamatan Kurau Kabupaten Tanah Laut terkait program pemerintah New Normal agar warga lebih memahami apa yang harus dilakukan saat beraktivitas di luar rumah supaya tidak tertular Covid-19.

Kegiatan sosialisasi new normal atau tata kehidupan baru ini sesuai instruksi bapak Kapolda Kalimantan selatan 

“Gunakan masker saat beraktivitas keluar rumah, budayakan pola hidup sehat dan bersih, cuci tangan dengan sabun dan air mengalir tiap akan melakukan dan usai melakukan aktivitas, jaga jarak aman hindari kerumunan, ” ungkap Kapolsek .
Situasi keamanan Wilayah Kec .Kurau memang bisa di katakan sangat aman, namun Kepolisian sektor Kurau Polres Tanah Laut Polda Kalimantan Selatan tidak mau terlena dengan situasi yang aman.

Pemandangan terlihat tidak seperti hari – hari biasanya, kini penjagaan Mapolsek Kurau diperketat. Dulu Mako Polsek Kurau memiliki dua pintu tp saat ini hanya difungsikan satu pintu saja. Dan pada malam hari semua pintu yang masuk ke mako polsek kurau dalam keadaan tertutup.

Petugas juga melakukan pemeriksaan terhadap barang bawaaan apabila ingin membesuk tahanan.

Kegiatan penjagaan Mako dan Penebalan anggota Polri  sesuai instruksi bapak Kapolda Kalimantan selatan

“Memang di wilayah Kurau ini aman namun kita tidak mau lengah terlena dengan keadaan yang aman, ingat peribahasa air yang tenang bisa menghanyutkan,kita tetap selalu siaga antisipasi hal-hal yang tidak di inginkan,”kata Kapolsek.

Kapolsek Kurau Polres Tanah Laut Polda Kalsel AKP Darso juga menginstruksikan kepada piket jaga mako untuk memperketat pengamanan Mako Polsek dan di pertebal anggota jaga minimal dua orang yang berjaga tidak boleh sendirian,” Ungkap Darso.


Tanah Laut - Kalsel  Derasnya hujan membuat desa desa di kecamatan bumi makmur dan kec kurau  debet air naik dan mengakibatkan bencana banjir.

Genangan air terus meningkat di karenakan curah hujan terus menerus tanpa henti beberapa hari terakhir ini.

Kapolsek Kurau AKP Darso  beserta para  anggotanya langsung tanggap dan mendatangi lokasi bencana banjir dan membantu para warga yang terutama warganya yang terendam banjir, pada Sabtu (16/01/2021).

“Pada hari ini di desa desa air bah masih meluap yang akan mengakibatkan banjir besar yang membuat warga masyarakat menjadi panik dan mengungsi,  Dengan adanya hal tersebut saya langsung menghubungi para anggota untuk segera merapat menangani dampak banjir itu,” ujar Kapolsek Kurau AKP Darso

Darso mengakui di lokasi banjir genangan air mencapai lebih dari 50 cm di rumah warga di desa desa . Bersama para anggotanya Kapolsek Kurau membantu para warga yang terendam bencana banjir dan memberikan bantuan moral untuk selalu tabah menghadapi musibah yang dialami.

“Dalam bencana banjir tersebut tidak ada korban yang meninggal dunia yang hanya mengalami kerugian material.” Tambah Kapolsek Kurau

Statistik Pembaca