Senin, 01 April 2024

Wakapolres Tanah Laut, Kompol Andri Hutagalung, S.Ab., M.M., menghadiri undangan Apel Besar Keagamaan Nasinal (HBKN) menjelang Idul Fitri 1445 H. Acara ini diselenggarakan melalui Gerakan Pangan Murah Serentak yang dilaksanakan secara daring bertempat di Halaman Stadion Pertasi Kencana, Pelaihari, Senin (1/4).

Turut hadir dalam kegiatan ini Pj. Bupati Tanah Laut, H. Syamsir Rahman, serta para Forkopimda Tanah Laut dan para Kepala SKPD Tanah Laut. Keberadaan mereka dalam acara ini menunjukkan komitmen yang kuat dalam memastikan persiapan yang matang dalam menghadapi momen penting seperti Idul Fitri.

Wakapolres Tanah Laut, Kompol Andri Hutagalung, menekankan pentingnya kerjasama antara berbagai pihak terkait dalam menjaga ketertiban dan keamanan menjelang Idul Fitri. 

Dia juga menegaskan perlunya koordinasi yang baik dalam hal pengawasan dan penegakan protokol kesehatan untuk memastikan keamanan dan kesehatan masyarakat selama perayaan Idul Fitri.

Acara ini menjadi momentum bagi para pemangku kepentingan untuk bersama-sama menyusun strategi dalam menghadapi Idul Fitri 1445 H, Melalui kerjasama dan sinergi yang solid, diharapkan persiapan dan pelaksanaan Idul Fitri tahun ini dapat berjalan dengan lancar dan aman bagi seluruh masyarakat Tanah Laut.

Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Pol Winarto, S.H., M.H., memimpin rapat koordinasi dengan unsur maritim Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) dalam rangka kesiapan pengamanan mudik Lebaran tahun 2024. Acara tersebut digelar di Aula Mathilda Batlayeri Polda Kalsel, Kamis (28/3/2024) pukul 09.00 WITA.

Kabid Humas Polda Kalsel Kombes Pol Adam Erwindi, S.I.K., M.H. menuturkan dalam kesempatan itu Kapolda Kalsel Irjen Pol Winarto, S.H., M.H. mengatakan rapat koordinasi khusus jalur perairan ini digelar menjelang hari lebaran tahun 2024.

Masing-masing instansi dan stakeholder menyampaikan paparan pengamanan dan disinergikan agar lebih lancar dilapangan untuk melayani masyarakat yang akan melaksanakan mudik atapun balik.

Untuk pengamanan tahun ini, seluruh instansi dan stakeholder mengacu kepada evaluasi tahun lalu, kendala-kendala pada tahun lalu diperbaiki di tahun ini.

Kepada seluruh masyarakat dihimbau untuk mematuhi aturan yang sudah ada, dengarkan apa yang dihimbaukan dan saling menghargai satu sama lain untuk menciptakan kondisi yang aman dan nyaman selama musim Lebaran tahun 2024.

Dalam rapat ini hadir Direktur Polairud Polda Kalsel Kombes Pol Dr. Andi Adnan Syafruddin, S.H., S.I.K., M.H., Danlanal Banjarmasin, Kabid Pelayanan Dishub Provinsi Kalsel, Kadishub Kota Banjarmasin, Koordinasi Observasi Dan Informasi BMKG Banjarmasin, Junior Manager Kalimantan Regional 3 Pelindo Banjarmasin, Kepala BPTD Kalsel Kelas II, Kepala Sub Seksi Operasi Basarnas Banjarmasin, Wadir Polairud Polda Kalsel, Pejabat Utama Dit Pola

Cirebon-Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol. Aan Suhanan meninjau Command Center PJR KM 29 dan mengecek kesiapan Command Center KM 188 Cipali, di Cirebon, Sabtu (30/3).

Irjen Pol Aan mengatakan, Command Center KM 29 sudah terintegrasi dengan seluruh aplikasi informasi baik dari BPJT, Jasa Marga, CCTV K3I yang menjadi pusat kendali, informasi, koordinasi selama kegiatan operasi ketupat. 

"Jadi hari ini kita meninjau Command Center untuk kegiatan operasi ketupat nanti ini bisa beroperasional, untuk melakukan beberapa tindakan secara cepat kita bisa memantau permasalahan-permasalahan yang ada di jalan secara real time untuk tindakan apa yang harus dilakukan," ujar Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan.

Selain meninjau Command Center KM 29, Kakorlantas juga mengecek langsung kesiapan Command Center KM 188 Cipali yang akan siap dioperasionalkan.

"Hari ini juga kita melihat kesiapan Command Center di KM 188, ini kolaborasi dengan Astra beliau dan akan menjadi Command Center lokal untuk jalan tol Cipali yang ada di lingkup khususnya daerah Jawa Barat," tambahnya.

Nantinya Command Center KM 188 akan terintegrasikan dengan semua CCTV yang ada di Polda Jawa Barat sehingga akan memperkaya informasi dan mata para petugas.

"Terima kasih Astra sudah berkolaborasi untuk merealisasikan Command Center di KM 188, ini juga akan menjadi jantungnya, menjadi pusat kendali koordinasi dan informasi di lingkup Jawa Barat," tegas Irjen Pol Aan.

Ia berharap, dengan adanya Command Center KM 188 dapat memperlancar arus lalu lintas dan menjamin keselamatan para pemudik.

"Saya kira dengan kesiapan Command Center ini bisa memperlancar arus lalu lintas bisa menjamin keselamatan para pemudik nantinya dan mudik bisa menjadi aman nyaman lancar dan selamat sehingga menjadi mudik ceria dan penuh makna," tutup Kakorlantas.

Polres Tanah Laut rutin melaksanakan kegiatan patroli pengamanan Sholat Tarawih dalam bulan suci Ramadhan 1445 H. Kegiatan ini dilakukan di beberapa masjid, termasuk Masjid Agung Syuhada Pelaihari, Masjid Al Hijriyah Angsau, dan Masjid Al Manar.

Petugas pelaksana piket fungsi dipimpin oleh Piket Pawas Polres Tanah Laut bertanggung jawab dalam menjalankan tugas ini. Mereka dikerahkan untuk memastikan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) yang aman dan kondusif selama pelaksanaan Sholat Tarawih di wilayah hukum Polres Tanah Laut.

Kegiatan patroli tersebut dilakukan sebagai bagian dari upaya Polres Tanah Laut untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat dalam menjalankan ibadah di bulan suci Ramadhan. Dengan adanya kehadiran petugas kepolisian, diharapkan dapat mencegah terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban selama pelaksanaan Sholat Tarawih.

AKBP Muhammad Junaeddy Johnny, S.I.K., M.H., menegaskan pentingnya kerjasama antara kepolisian dan masyarakat dalam menjaga keamanan selama bulan suci Ramadhan. Dia juga mengajak seluruh masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif.

Dengan dilaksanakannya kegiatan patroli pengamanan Sholat Tarawih secara rutin, diharapkan dapat memberikan kepercayaan diri kepada umat Islam untuk menjalankan ibadah dengan khusyuk dan tenang, tanpa harus merasa khawatir akan terganggu oleh hal-hal yang tidak diinginkan.

Statistik Pembaca