Senin, 05 Februari 2024

TANAH LAUT - Kasat Lantas Polres Tanah Laut, Iptu Ananda Mustika Adya, S.Tr.K, memimpin kegiatan Operasi Gaktibplin yang dilaksanakan oleh Anggota Sat Lantas dan Sipropam Polres Tanah Laut di Markas Komando Mapolres Tanah Laut pada Senin (5/2). Kegiatan ini didampingi oleh Kasi Propam Polres Tanah Laut, Iptu Suriani.

Kapolres Tanah Laut, AKBP Muhammad Junaeddy Johnny, S.I.K., M.H., melalui Kasat Lantas Polres Tanah Laut, Iptu Ananda Mustika Adya, S.Tr.K, mengatakan bahwa Operasi Gaktibplin ini bertujuan untuk melakukan pemeriksaan terhadap kelengkapan dokumen berkendara, ranmor (kendaraan bermotor), serta memastikan kepatuhan terhadap aturan lalu lintas.

“Sasaran pemeriksaan meliputi surat SIM, STNK, kelengkapan ranmor R2 dan R4 Dinas/Pribadi Anggota/PNS Polri” Ungkap Kasat Lantas.

Untuk R2, pemeriksaan difokuskan pada Helm Standar SNI, Spion, Lampu Riting, Lampu depan, dan belakang. Sedangkan untuk R4, pemeriksaan dilakukan terhadap penggunaan Sabuk pengaman, Segitiga pengaman, Lampu depan, lampu belakang, Spion, dan Lampu riting.

Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa tidak ditemukan adanya pelanggaran oleh anggota Polri dan ASN Polri Polres Tanah Laut yang menjadi sasaran operasi. Kasat Lantas Iptu Ananda Mustika Adya menyatakan kepuasannya terhadap kepatuhan dan kesadaran anggota Polri terhadap aturan yang berlaku.

"Operasi ini dilaksanakan sebagai bentuk upaya peningkatan disiplin dan kepatuhan terhadap aturan lalu lintas di lingkungan Polres Tanah Laut. Kami mengapresiasi anggota yang telah mematuhi peraturan dan melaksanakan tugas dengan baik," Tutup Kasat Lantas.

Kegiatan serupa diharapkan dapat terus dilakukan untuk menjaga ketertiban berlalu lintas dan meningkatkan kesadaran hukum di kalangan anggota Polri serta ASN Polri Polres Tanah Laut.



TANAH LAUT - Aiptu Ruki Hartono, Kanit Binmas Polsek Bati Bati, Polres Tanah Laut, melakukan kegiatan sosialisasi di UPTD SMPN 5 Bati Bati, Desa Bentok Darat, Kecamatan Bati Bati, Kabupaten Tanah Laut pada Senin (5/2). Sosialisasi ini mencakup bahaya perlindungan perundungan atau bullying, penyalahgunaan narkoba, serta kampanye untuk tertib berlalu lintas.

Kegiatan sosialisasi dihadiri oleh Kepala Sekolah UPTD SMPN 5 Bati Bati, para guru, staf, serta siswa dan siswi. Aiptu Ruki Hartono memberikan pemahaman yang mendalam tentang dampak negatif dari perundungan dan bahaya narkoba, serta pentingnya mematuhi peraturan lalu lintas.

Dalam penyampaiannya, Aiptu Ruki Hartono menekankan perlunya menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan nyaman.

"Perlindungan terhadap sesama, pencegahan narkoba, dan keselamatan dalam berlalu lintas merupakan tanggung jawab bersama. Kami berharap pesan-pesan ini dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari para siswa," ungkap Aiptu Ruki.

Kepala Sekolah UPTD SMPN 5 Bati Bati menyambut baik kehadiran Polsek Bati Bati dalam memberikan sosialisasi ini.

"Kerjasama dengan pihak kepolisian sangat penting untuk memberikan pemahaman kepada anak-anak kita tentang bahaya di sekitar mereka," ucapnya.

Setelah sesi sosialisasi, terdapat diskusi interaktif antara peserta dan Aiptu Ruki Hartono, di mana siswa dan siswi SMPN 5 Bati Bati dapat mengajukan pertanyaan dan berbagi pengalaman terkait topik yang disampaikan.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat, khususnya siswa-siswi, terhadap bahaya perlindungan perundungan, penyalahgunaan narkoba, serta mendorong kepatuhan terhadap peraturan berlalu lintas untuk menciptakan lingkungan yang lebih aman dan berkualitas.

TANAH LAUT - Kapolres Tanah Laut, AKBP Muhammad Junaeddy Johnny, S.I.K., M.H., memimpin kegiatan Pelatihan Tactical Floor Game (TFG) sebagai upaya antisipasi kontinjensi dalam menghadapi Pemilu 2024. Kegiatan dilaksanakan di Joglo Wicaksana Laghawa Mapolres Tanah Laut pada pagi hari ini, Senin (5/2).

Tactical Floor Game (TFG) menjadi salah satu strategi yang diadopsi oleh Polres Tanah Laut untuk memastikan kesiapan personil dalam menghadapi berbagai situasi yang mungkin timbul selama pelaksanaan Pemilu. Kegiatan ini melibatkan simulasi berbagai skenario yang mungkin terjadi, sehingga personil dapat merespons dengan cepat dan tepat.

Dalam arahannya, Kapolres Muhammad Junaeddy Johnny, S.I.K., M.H.,  menyampaikan bahwa kegiatan TFG ini menjadi langkah proaktif untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan yang dapat muncul selama proses pemungutan suara. 

"Kesiapan dan respons cepat dari personil sangat penting dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama Pemilu," ujar Kapolres.

Pelatihan ini melibatkan berbagai elemen kepolisian dan dipimpin langsung oleh Kapolres Tanah Laut. Skenario-skenario yang disimulasikan mencakup potensi kerusuhan, gangguan keamanan, dan situasi darurat lainnya. Personil diajarkan untuk bekerja secara sinergis dan berkoordinasi untuk mengatasi setiap tantangan dengan efektif.

Wakapolres Kompol Andri Hutagalung, S.Ab.,M.A.P., serta pejabat utama dan personel Polres Tanah Laut turut serta aktif dalam pelatihan ini. Kapolres berharap, melalui kegiatan ini, personil dapat meningkatkan keterampilan dan keahlian mereka dalam mengamankan Pemilu 2024 dengan profesionalisme dan integritas tinggi.

TANAH LAUT - Kapolres Tanah Laut, AKBP Muhammad Junaeddy Johnny, S.I.K., M.H., memimpin Apel Kesiapan Pengamanan Pemungutan Suara Pemilu 2024 di Lapangan Apel Polres Tanah Laut pada pagi ini, Senin (5/2).

Dalam amanatnya, Kapolres Muhammad Junaeddy Johnny menghimbau kepada seluruh Anggota Polres Tanah Laut untuk menjalankan tugas dengan tulus, ikhlas, dan berdedikasi tinggi. Ia menekankan pentingnya kebersamaan, koordinasi yang baik, serta transparansi dalam komunikasi sebagai kunci keberhasilan dalam menjaga situasi yang kondusif di Tanah Laut.

"Saya ingin mengingatkan tentang pentingnya etika dan profesionalisme dalam menjalankan tugas. Apabila dihadapkan pada situasi yang kompleks dan dinamis, tetap bersikap dengan tenang, namun tanggap dan bijaksana," ujar Kapolres.

Dengan kesiapan yang matang dan semangat yang tinggi, Kapolres yakin bahwa pengamanan pemilu 2024 ini dapat dilaksanakan dengan lancar dan sukses. Ia berharap apel ini menjadi langkah awal yang kokoh menuju pemilu yang damai dan berintegritas di tahun 2024.

Wakapolres Kompol Andri Hutagalung, S.Ab.,M.A.P., turut hadir dalam kegiatan tersebut, bersama dengan para Pejabat Utama Polres Tanah Laut, Kapolsek Jajaran Polres Tanah Laut, dan seluruh personil pengaman TPS pada Pemilu 2024.

Semoga dengan persiapan dan koordinasi yang baik, Pemilu 2024 di Tanah Laut dapat berjalan dengan aman, tertib, dan memberikan hasil yang sesuai dengan kehendak rakyat.

Statistik Pembaca