Tribrata News Tanah Laut. Polda Kalsel – Kapolres Tanah Laut AKBP Rofikoh Yunianto, S.I.K. dampingi Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor lakukan pemantauan pelaksanaan Vaksinasi Bergerak di di Pondok Pesantren Ubudiyah Desa Padang Kecamatan Bati-Bati Kabupaten Tanah Laut dengan sasaran santri/wati MTs dan MA, Rabu (6/10/2021). 

Vaksinasi Bergerak yang dilaksanakan ini akan dilansakan di 13 kabupaten/kota di Kalimantan Selatan pada 6 sampai 9 Oktober

Vaksin Bergerak menyediakan vaksin dengan merk sinovac sebanyak 500 vial atau 1.000 dosis.

Dalam kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Sekda Prov. Kalimantan Selatan Ir. Roy Rizali Anwar, S.T, M.T., Bupati Tanah Laut H. Sukamta, Sekda Kab. Tanah Laut Drs H. Dahnial Kifli, M.AP, Dandim 1009 Tanah Laut Letkol Inf Mochamad Arlufti Noegroho, S.E., Ka Kankemenag Kab. Tanah Laut H. M. Rusdi Hilmi., Kadinkes Kab. Tanah Laut ibu Hj. Nina Sandra, SKM, MM., Camat Bati - bati H. Rudiansyah, S.Pd, MM., dan Pimpinan Ponpes Ubudiyah Kec. Bati - bati ustadz H. Rahmad Rodhiani, S.Ag.

“Kegiatan ini sebagai upaya percepatan cakupan vaksinasi,” ujar Gubernur H Sahbirin Noor. Gubernur yang akrab disapa Paman Birin ini mengatakan, kondisi pandemi saat ini membuat semua orang berpikir keras bagaimana bisa lepas dari Coid-19. “Kita semua berpikir keras untuk bisa melepaskan diri dari pandemi Covid-19, yang telah membuat perubahan besar dalam kehidupan tidak hanya di Indonesia tapi global,” ujar Gubernur.

Menurut Gubernur, dalam mengatasi pandemi dan melawan penyebaran Covid-19 ini, cara yang paling tepat adalah berdisiplin dan gotong royong. “Disiplin dalam melaksanakan semua prosedur dan ketentuan protokol kesehatan dan bergotong royong, bersama-sama menghadapi Covid-19,” tegas Gubernur. Menurut Sahbirin Noor, selama ini pemerintah dari pusat hingga daerah bersinergi dengan jajaran Kepolisian, TNI dan seluruh elemen masyarakat dalam memerangi penyebaran Covid-19.

“Tidak ada kesuksesan dan keberhasilan tanpa kerja sama dan sinergitas. Karena itu, melawan Covid-19 ini diperlukan juga gotong royong, kebersamaan dan sinergitas,” tegas Gubernur.

Covid-19 ini dapat menyerang siapa saja. “Oleh karena itu, Covid-19 ini kita jadikan musuh bersama, dan kita hadapi dengan gotong royong,” lanjunya.

Namun, tambah Gubernur, tidak lupa selalu memohon kepada Tuhan agar pandemi ini segera berlalu.

“Selain berusaha, kita juga selalu berdoa kepada Allah SWT agar Covid-19 bisa diatasi dan berakhir,” tutup Gubernur H Sahbirin Noor.

Tribrata News Tanah Laut. Polda Kalsel - Personil Polsek Kintap melaksanakan pemeriksaan kondisi senjata api inventaris milik polsek kintap. rabu (06/10).

bertempat di ruang penjagaan polsek kintap, bripka ipung dengan teliti memeriksa setiap detail senjata api jenis Sabhara V2 dari kondisi magazine, laras dan kondisi kamar peluru yang merupakan senpi organik inventaris milik polsek kintap, selain itu diperiksa juga senpi jenis revolver oleh Briptu Guritno dari jumlah amunisi yang tersedia hingga kondisi mekanisme senjata tersebut.

Kepala Kepolisian Resor Tanah Laut AKBP Rofikoh Yunianto, S.I.K melalui Kapolsek Kintap AKP Agus Adi. A, S.I.K, M.H menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan pada saat pergantian petugas jaga mako polsek kintap untuk memastikan kondisi barang inventaris senpi organik milik polsek dalam keadaan aman dan siap digunakan pada saat diperlukan penindakan menggunakan senjata api.

"selain pemeriksaan senpi organik, petugas jaga juga harus melakukan pengecekan terhadap kondisi mako polsek dan kondisi tahanan yang berada di rutan polsek kintap" tambah Kapolsek.

setelah dilakukan pemeriksaan secara detail senjata api organik dikembalikan di tempat penyimpanan senjata dalam keadaan terpisah atau magazine tidak terpasang untuk menghindari terjadinya kesalahan prosedur ketika senjata api akan dipergunakan.(aw)

Tribrata News Tanah Laut, Polda Kalsel - Kapolsek Takisung polres tanah laut Ipda Danang Eko. P, S.Sos menghadiri Launching Pilot Project Kunjungan rumah / on call pelayanan kesehatan, Rabu (06/10).

Di tengah gelombang ke-4 penyebaran Covid-19, antisipasi lonjakan kasus konfirmasi positif Kini Pemerintah daerah kabupaten tanah laut merencanakan untuk mengaktifkan layanan on call di setiap Puskesmas yang bertujuan untuk membantu menangani pasien yang melakukan isolasi mandiri (isoman) melalui layanan telepon.

kegiatan launcing dibuka secara simbolis oleh bupati tanah laut H. Sukamta dengan pemukulan gong yang menandai dibukanya pelayanan kunjungan rumah / on call pelayanan kesehatan bertempat di Aula kantor kecamatan Takisung dengan dihadiri Asisten II, Kadinkes Kabupaten tanah laut, camat takisung, kepala puskesmas takisung serta seluruh kades sekecamatan takisung.

“Maksudnya agar warga yang terpapar Covid 19 dengan gejala ringan tidak perlu lagi harus datang ke rumah sakit atau puskesmas, tapi cukup isolasi mandiri di rumah dan dibantu lewat layanan telekonsultasi oleh dokter yang ada di puskemas sesuai tempat tinggalnya, bahkan hingga pelayanan visit perawatan di rumah jika dibutuhkan. Hal ini bagian dari strategi pemerintah dalam menekan penyebaran Covid 19 di tempat pelayanan kesehatan,” dalam sambutan Bupati.

“Jadi untuk saat ini puskesmas takisung menjadi proyek percontohan untuk pelaksanaan program ini dan jika telah berjalan dengan baik akan diterapkan puskemas di kecamatan lain yang berada dikabuaten tanah laut,” ungkap Bupati. 

Terpisah, Kapolres Tanah Laut AKBP Rofikoh Yunianto, S.I.K menerangkan "kami dari pihak kepolisian resort tanah laut beserta jajaran akan mendukung penuh program kunjungan rumah / on call pelayanan kesehatan ini, apalagi pada masa pandemi covid-19 ini banyak masyarakat yang terkadang mengalami keluhan namun tidak berani berobat kerumah sakit karena momok menakutkan yang beredar di lingkungan masyarakat tentang prosedur pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang terkonfirmasi positif covid-19".

"Sehingga apabila layanan on call nanti aktif maka kata Kadinkes Kab. tanah Laut, mereka yang positif, tidak sesak dan tidak komorbid, maka lebih baik isolasi mandiri di rumah dan bisa memanfaatkan telemedis dari pihak puskesmas agar tetap mendapatkan jasa konsultasi dokter dan pengiriman obat secara cuma-cuma.

“Sehingga dengan layanan ini setidaknya pasien bisa terhindar dari paparan sebaran Covid yang tinggi di rumah sakit atau puskesmas,” tambah Kadinkes

Tribrata News Tanah Laut, Polda Kalsel - Ka SPKT Polres Tanah Laut memimpin pelaksanaan Kegiatan Operasi Yustisi Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan dan Penegakkan Hukum Perbup No. 99 Tahun 2020 Kab. Tanah Laut dalam pencegahan penyebaran Pandemi Covid-19, Rabu (06/10).

Operasi yustisi ini terus dilakukan demi meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan guna menekan penyebaran Covid-19 diwilayah kabupaten tanah laut yang kadang masih ditemukan tidak mematuhi protokol kesehatan pada saat beraktifitas di lingkungan pasar.

Kapolres Tanah Laut Akbp Rofikoh Yunianto, S.I.K melalui Kabag Ops Polres Tanah Laut Kompol Eka Saprianto, S.E, S.I.K, M.M menerangkan “Masyarakat harus terus diingatkan karena penyebaran virus corona ini belum habis, jadi masyarakat harus terus diajak untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan terutama penggunaan masker saat melakukan aktivitas di luar rumah juga termasuk rajin cuci tangan, jaga jarak dan hindari kerumunan”.

“Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19 di wilayah Kec. Panunggalan dalam rangka mendukung PPKM Mikro dalam penanganan Covid-19” tambahnya.

Tidak lupa personil Polres Tanah Laut memberikan himbauan kepada warga pengunjung pasar agar tetap menjalankan protokol kesehatan dengan menggunakan masker serta menjaga jarak dan menjaga kebersihan dilingkungan pasar, sehingga meminimalisir penyebaran Virus Covid-19.(aw)

Statistik Pembaca