Rabu, 14 Februari 2024

TANAH LAUT- Kapolres Tanah Laut AKBP Muhammad Junaeddy Johnny, S.I.K., M.H. beserta Pj. Bupati Tanah Laut H. Syamsir Rahman dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Tanah Laut turun langsung memantau jalannya Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di beberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kabupaten Tanah Laut, hari ini Rabu (14/2).

Kegiatan pemantauan dimulai dari TPS 004 Desa Kandangan Baru Kecamatan Panyipatan, yang dilanjutkan ke TPS 003 dan TPS 01 di wilayah yang sama. Setelahnya, rombongan memantau TPS 09 Desa Panyipatan Kecamatan Panyipatan dan TPS 09 Desa Benua Tengah Kecamatan Takisung. Terakhir, mereka menyambangi TPS 001 di Balai Desa Ranggang Kecamatan Takisung.

Dalam pemantauan tersebut, Kapolres Tanah Laut beserta PJ. Bupati Tanah Laut dan Forkopimda Kabupaten Tanah Laut meninjau langsung kesiapan TPS, melihat proses pemungutan suara, serta memastikan situasi keamanan dan ketertiban tetap terjaga.

AKBP Muhammad Junaeddy Johnny, S.I.K., M.H., mengungkapkan kegiatan pemantauan ini adalah bagian dari upaya kami untuk memastikan jalannya Pemilu 2024 berlangsung secara aman, lancar, dan demokratis.

Kami berkomitmen untuk menjaga keamanan selama proses berlangsung." Tegas Kapolres.

Kapolres menghimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Tanah Laut untuk menggunakan hak suaranya dengan bijak dan bertanggung jawab.

Mari kita dukung proses demokrasi ini demi masa depan yang lebih baik bagi daerah kita." Ujar Kapolres.

 TANAH LAUT, Anjun Komisaris Besar Polisi Tri Hambodo, S.I.K selaku Pamatwil Kab. Tanah Laut, melakukan kunjungan ke beberapa tempat pemungutan suara di Kec. Pelaihari dalam rangka pemilihan umum yang berlangsung. Dalam kunjungannya, Pamatwil menegaskan pentingnya menjaga ketertiban dan keamanan selama proses pemilihan.

Kedatangan Pamatwil disambut hangat oleh Camat Pelaihari Agus Setiyo, S.STP, M.M,  dan para pemilih yang antusias. Beliau secara langsung memastikan bahwa proses pemungutan suara berjalan lancar dan sesuai dengan aturan yang berlaku.

"Saya bersama Rombongan akan memastikan bahwa setiap warga dapat menggunakan hak pilihnya secara aman dan nyaman. Keamanan dan ketertiban selama proses pemilihan merupakan prioritas utama kami," kata Akbp Tri Hambodo, S.I.K.

Selain itu, Beliau juga mengingatkan kepada seluruh petugas KPPS untuk tetap menjaga netralitas serta memastikan proses pemilihan berlangsung dengan transparan dan adil.

Dalam Kunjungan ini Beliau di dampingi oleh Waka Polres Tanah Laut Kompol Andri Hutagalung, S.Ab., M.A.P, Kasat Lantas dan Kapolsek pelaihari selaku Pemangku Wilayah. Adapun beberapa Tps yang dikunjungi antara lain TPS 005, 006 dan 007 yang berlokasi di Lapangan Sepak Bola Jl. Bhakti Rt. 03 Rw. 02 Kel. Karang Taruna dan Tps 006 di Jl. Norsehat Rt. 04 Rw. 03 Kel. Pelaihari.

Secara terpisah Kapolres Tanah Laut Akbp M. Junaeddy Johnny, S.I.K, M.H. mengungkapkan "Kami mengapresiasi kerja keras semua pihak dalam menyukseskan proses pemilihan ini. Mari kita bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban demi tercapainya pemilihan yang berkualitas dan berintegritas".

Kunjungan Pamatwil ini memberikan pesan penting bahwa aparat kepolisian hadir untuk memastikan kelancaran dan keamanan setiap tahapan dalam proses demokrasi, menjaga kepercayaan masyarakat terhadap institusi kepolisian, serta memastikan pelaksanaan pemilihan umum berjalan dengan lancar dan adil.

TANAH LAUT - Pada hari Selasa, tanggal 13 Februari 2024, pukul 21.00 WITA, telah dilaksanakan kegiatan pemusnahan surat suara rusak dan surat suara lebih untuk Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 di Kabupaten Tanah Laut. Kegiatan ini berlangsung di halaman Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tanah Laut.

Kegiatan pemusnahan tersebut dilaksanakan sesuai dengan Bab II huruf E angka 3 Keputusan KPU Nomor 1395 Tahun 2023 tentang Pedoman Teknis Tata Kelola Logistik Pemilu. Menurut pedoman tersebut, kelebihan surat suara harus dimusnahkan satu hari sebelum pemungutan suara, dengan disaksikan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakapolres Tanah Laut, Kompol Andri Hutagalung, S.Ab., M.M., Ketua KPU Tanah Laut, Rudy Pratikno, Kepala Badan Kesbangpol, M. Syahid, Pasi Intel Kodim 1009/Tanah Laut, Ketua Bawaslu Tanah Laut, serta para komisioner KPU Tanah Laut dan pejabat utama Polres Tanah Laut.

Jumlah surat suara yang dimusnahkan mencakup berbagai tingkatan pemilihan, yaitu Surat suara untuk Presiden dan Wakil Presiden sebanyak 224 lembar, Surat suara untuk DPR RI Dapil Kalimantan Selatan II sebanyak 312 lembar, Surat suara untuk DPD Dapil Kalimantan Selatan sebanyak 93 lembar, Surat suara untuk DPRD Provinsi Kalimantan Selatan Dapil 7 sebanyak 103 lembar dan Surat suara untuk DPRD Kabupaten sebanyak 2.904 lembar.

Pemusnahan surat suara tersebut dilakukan sebagai bagian dari upaya menjaga integritas dan transparansi dalam pelaksanaan Pemilu, serta untuk memastikan bahwa tidak ada surat suara yang rusak atau lebih yang dapat digunakan secara tidak sah dalam proses pemungutan suara.

Statistik Pembaca