Minggu, 03 Maret 2024

 

Pengamanan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi dan Penetapan Hasil Penghitungan Perolehan Suara tingkat Kabupaten Tanah Laut memasuki hari ke-2, Pengamanan yang diawali dengan Apel tersebut dipimpin oleh Kabag Ops Polres Tanah Laut, Kompol Abdul Fatah, S.Pd., M.M., yang berlangsung di Halaman Balairung Tuntung Pandang, Pelaihari, Minggu (3/3).

Kabag Ops, Kompol Abdul Fatah, dalam arahannya menggarisbawahi pentingnya kesiapan dalam menjaga keamanan dan kelancaran proses Rapat Pleno tersebut. Ia menegaskan perlunya koordinasi yang baik antara pasukan TNI dan Polri untuk memastikan keamanan selama acara berlangsung.

"Kami harus memastikan bahwa setiap tahapan dalam proses demokrasi ini berjalan dengan lancar dan aman. Kesiapan dan kerjasama antarinstansi sangatlah krusial dalam mencapai tujuan tersebut," ujar Kompol Abdul Fatah.

Apel kesiapan ini diikuti oleh satu pleton pasukan TNI dan satu kompi pasukan Polri dan Polwan yang siap untuk melaksanakan tugas pengamanan dengan penuh tanggung jawab. Mereka dilatih dan dipersiapkan secara khusus untuk menangani segala kemungkinan yang mungkin terjadi selama proses Rapat Pleno berlangsung.

Dalam suasana yang penuh semangat dan keseriusan, personel dari berbagai unsur keamanan tersebut diberikan pengarahan tentang tugas-tugas dan tanggung jawab mereka selama pengamanan Rapat Pleno. Langkah-langkah keamanan yang harus diambil dan koordinasi antarinstansi juga menjadi fokus utama dalam arahan Kompol Abdul Fatah.

Diharapkan dengan kesiapan yang telah disiapkan, Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi dan Penetapan Hasil Penghitungan Perolehan Suara Pemilihan Umum 2024 tingkat Kabupaten Tanah Laut dapat berjalan dengan lancar, tertib, dan aman bagi semua pihak yang terlibat.

Tanah Laut – Polres Tanah Laut Polda Kalsel melakukan pengamanan rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilu tahun 2024 tingkat Kabupaten. Polri khususnya Polres Tanah Laut pun memastikan keamanan terjaga saat rapat berlangsung.

Kapolres Tanah Laut AKBP M. Junaeddy Johnny, S.I.K.,M.H., melalui Kabag Ops Polres Tanah Laut Kompol Abdul Fatah, S.Pd.,M.M., mengatakan, sebanyak ratusan personel gabungan dikerahkan untuk mengamankan rapat pleno rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara Pemilu 2024 oleh KPUD pada Sabtu (02/03/2024).

Pelaksanaan rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilu tahun 2024 tingkat Kabupaten dilaksanakan di Balairung Tuntung Pandang Pelaihari Kabupaten Tanah Laut.

"Hari pertama pengamanan rapat pleno ini dilaksanakan dengan menyiapkan sekitar 126 anggota dari Polres Tanah Laut dan 1 Pleton personel Kodim 1009/Tanah Laut untuk melaksanakan tugas pengamanan di Balairung Tuntung Pandang Pelaihari," ujar Kompol Abdul Fatah dalam keterangannya.

Menurut Kompol Abdul Fatah, pihaknya akan melakukan pengamanan pada saat rapat pleno rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara itu hingga tuntas. Saat ini, ia menegaskan bahwa kondisi Pemilu 2024 di kabupaten Tanah Laut terbilang aman dan kondusif.

"Rencana pengamanan akan berlangsung hingga Minggu, 03 Maret 2024 mendatang," katanya.

Dalam kesempatan ini, Kompol Abdul Fatah juga menyampaikan kepada masyarakat Kabupaten Tanah Laut untuk terus menjaga kondusifitas selama proses tahapan-tahapan Pemilu 2024 hingga tuntas.

"Polres Tanah Laut Polda Kalsel terus berkomitmen untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama proses penghitungan suara dan rekapitulasi hasil pemilu, serta menghimbau agar masyarakat tetap menjaga kondusifitas selama proses tersebut berlangsung," pungkasnya.

Polda Kalsel menghelat  Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Kewilayahan "Keselamatan Intan 2024", Sabtu (2/3/2024).

Waka Polda Kalsel Brigjen Pol Rosyanto Yudha Hermawan, S.IK., S.H.,M.H sebagai Inspektur Upacara, sementara  bertindak sebagai Komandan Upacara Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Kalsel Akbp Ridho Tri Putranto, S.H., S.I.K., M.Si yang diikuti oleh seluruh personil Polda Kalsel serta pasukan dari POM TNI, Dinas Perhubungan,  Pramuka, komunitas Motor dan para Mahasiswa serta  Pelajar Kota Banjarmasin.

Adapun susunan kegiatan upacara terdiri dari Perwakilan pemasangan pita tanda operasi dan dilanjutkan pengecekan Pasukan serta Pembacaan Ikrar Deklarasi Ops Keselamatan 2024.

Dalam  amanatnya Waka Polda Kalsel menyampaikan bahwa  Apel gelar pasukan ini dilaksanakan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personel maupun sarana pendukung lainnya, sehingga kegiatan operasi dapat berjalan dengan optimal dan dapat berhasil sesuai dengan tujuan serta sasaran yang telah ditetapkan.

Operasi keselamatan Intan tahun ini akan dilaksanakan selama 14 hari di mulai tanggal 4 sampai dengan 17 Maret 2024 dengan sasaran operasi meliputi segala bentuk potensi gangguan, ambang gangguan dan gangguan nyata yang berpotensi menyebabkan kemacetan dan laka lantas baik sebelum, pada saat maupun pasca operasi keselamatan Intan-2024.

Adapun yang menjadi target operasi meliputi,  orang/pengemudi kendaraan menggunakan ponsel; Pengemudi kendaraan bermotor yang masih di bawah umur, Pengendara R2 berboncengan lebih dari 1 orang,  Pengemudi yang tidak menggunakan Helm dan Safety Belt, Mengemudikan kendaraan bermotor dalam pengaruh alkohol; Pengemudi yang melawan arus lalu lintas; Pengemudi ranmor yang melebihi batas kecepatan, Kelengkapan kendaraan dengan menggunakan knalpot brong/bising dan kendaraan tidak menggunakan plat nomor/TNKB dan Lokasi-lokasi rawan kecelakaan maupun rawan pelanggaran lalulintas.

"Lakukan binluh kepada masyarakat tentang tertib berlalu lintas berupa giat sosialisasi, penyuluhan melalui pemasangan spanduk, banner, baliho, penyebaran leaflet dan pembagian sticker serta melalui media cetak, elektronik dan medsos," sambung Waka Polda Kalsel.

Diakhir amanatnya, Brigjen Pol Rosyanto Yudha Hermawan, S.IK., S.H., M.H memberi Penekanan dan arahan untuk pedoman dalam pelaksanaan tugas operasi.

Operasi Keselamatan Lalu Lintas Intan 2024 diharapkan dapat menjadi langkah konkret dalam meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap aturan lalu lintas, serta menciptakan lingkungan berlalu lintas yang lebih aman dan tertib bagi semua pihak.

Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Kewilayahan "Keselamatan Intan 2024" Polda Kalsel  berakhir pukul 09.45 wita, dalam keadaan aman, lancar dan kondusif.


 

TANAH LAUT - Polres Tanah Laut menjalankan Apel Siaga dengan tujuan memperkuat pengamanan dalam Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi dan Penetapan Hasil Penghitungan Suara Pemilihan Umum Tahun 2024 tingkat Kabupaten Tanah Laut. Apel tersebut digelar di Lapangan Apel Mapolres Tanah Laut pada hari ini Minggu (3/3).

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Pamenwas Polres Tanah Laut, AKP Duki, dalam arahannya menyatakan pentingnya kewaspadaan dan kesigapan personel yang terlibat dalam pengamanan Rapat Pleno tersebut. Ia menegaskan perlunya personel yang tidak terlibat langsung dalam pengamanan tetap berada dalam posisi siaga.

"Kami menginstruksikan kepada seluruh personel yang tidak terlibat langsung dalam pengamanan Rapat Pleno untuk tetap standby dan siap menghadapi segala kemungkinan yang dapat terjadi," ujar AKP Duki dalam arahannya.

Dalam Apel Siaga tersebut, dilakukan penekanan terhadap aspek keamanan yang harus dijaga selama proses Rapat Pleno. Hal ini bertujuan untuk memastikan jalannya proses rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan suara berlangsung secara lancar dan aman.

Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi dan Penetapan Hasil Penghitungan Suara Pemilihan Umum Tahun 2024 tingkat Kabupaten Tanah Laut merupakan tahapan penting dalam proses demokrasi. Pengamanan yang ketat diperlukan guna mencegah potensi gangguan atau kerusuhan yang dapat mengganggu kelancaran proses tersebut.

Diharapkan dengan dilaksanakannya Apel Siaga ini, semua personel Polres Tanah Laut dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan mengamankan jalannya proses demokrasi dalam Pemilu 2024.

Statistik Pembaca