Rabu, 02 Oktober 2024

Tanah Laut, 2 Oktober 2024 – Polres Tanah Laut menggelar pengamanan di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tanah Laut pada hari Rabu (02/10) dalam rangka pelaksanaan Operasi Mantap Praja Intan Tahun 2024. Operasi ini merupakan bagian dari upaya pengamanan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang akan datang.

Dalam kegiatan tersebut, personel dari Polres Tanah Laut diterjunkan untuk memastikan keamanan dan kelancaran aktivitas di kantor KPU sebagai pusat persiapan dan pelaksanaan Pemilu di wilayah Tanah Laut. Kapolres Tanah Laut, AKBP M. Junaeddy Johnny, S.I.K.,M.H. menyampaikan bahwa pengamanan ini merupakan bagian dari upaya proaktif Polri dalam menjaga stabilitas dan keamanan selama tahapan Pemilu berlangsung.

“Kami berkomitmen untuk menjaga agar seluruh proses Pemilu, mulai dari tahap persiapan hingga pelaksanaan, dapat berjalan aman dan lancar. Operasi Mantap Praja Intan ini bertujuan untuk mengantisipasi segala potensi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat,” ujar Kapolres.

Pengamanan di Kantor KPU Tanah Laut melibatkan personel dari berbagai satuan, termasuk Satuan Sabhara, Satuan Intelkam. Selain pengamanan di kantor KPU, Polres Tanah Laut juga melakukan patroli di sekitar wilayah yang dianggap rawan, serta berkoordinasi dengan instansi terkait seperti TNI, Bawaslu dan pemerintah daerah.

Operasi Mantap Praja Intan 2024 diharapkan dapat menjaga kondusivitas wilayah Tanah Laut, sehingga seluruh tahapan Pemilu dapat berjalan sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan.

Dengan dilaksanakannya pengamanan ini, diharapkan situasi keamanan dan ketertiban di Kabupaten Tanah Laut tetap terjaga hingga selesainya seluruh rangkaian Pemilu 2024.

Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Polda Kalsel) menggelar upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang berlangsung khidmat di Lapangan Mako Polda Kalsel, Banjarbaru, Selasa (1/10/2024) pukul 08.00 WITA.

Upacara ini dipimpin langsung Kapolda Kalsel Irjen Pol Winarto, S.H., M.H., dihadiri oleh Wakapolda Kalsel Brigjen Pol Rosyanto Yudha Hermawan, S.H., S.I.K., M.H., Irwasda Polda Kalsel Kombes Pol Turman Sormin Siregar, S.H., S.I.K., M.H., para Pejabat Utama Polda Kalsel serta anggota Polri dan ASN Polda Kalsel.

Kapolda Kalsel Irjen Pol Winarto melalui Kabid Humas Polda Kalsel Kombes Pol Adam Erwindi, S.I.K., M.H. menyampaikan pentingnya momen ini untuk mengenang dan memperkuat kembali semangat Pancasila sebagai dasar negara.

Kombes Pol Adam Erwindi menekankan bahwa Pancasila merupakan ideologi pemersatu bangsa yang telah teruji melalui berbagai tantangan sejarah. “Kesaktian Pancasila tidak hanya terletak pada semboyannya, tetapi juga pada penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, khususnya dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat,” ujarnya.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini juga menjadi momen refleksi bagi seluruh personel kepolisian di Polda Kalsel untuk terus menjaga profesionalisme dan integritas dalam menjalankan tugas melindungi, mengayomi, dan melayani masyarakat.

Polres Tanah Laut yang merupakan Satuan Kerja (Satker) dan Satuan Wilayah (Satwil) jajaran Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Polda Kalsel) meraih penghargaan dari Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (Kanwil DJPB) Provinsi Kalsel. 

Penghargaan ini diterima langsung oleh Kapolres Tanah Laut AKBP Muhammad Junaeddy Johnny, S.I.K., M.H., pada acara Asistensi Fungsi Keuangan Polri Dan Bimbingan Teknis Pelaksanaan Anggaran TA. 2024 yang berlangsung di Rupatama Polda Kalsel, Banjarbaru, Selasa (1/10/2024).

Kapolres Tanah Laut AKBP Muhammad Junaeddy Johnny, S.I.K., M.H., menyatakan bahwa Polres Tanah Laut mendapatkan penghargaan atas prestasi dan kinerja dalam pengelolaan keuangan negara. Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi atas transparansi, akuntabilitas, serta ketepatan waktu dalam pelaporan dan penggunaan anggaran.

“Capaian ini tentunya menunjukan komitmen Polres Tanah Laut dalam mereformasi birokrasi Polri ke arah yang lebih baik, terutama dalam pengelolaan keuangan guna terus mempertahankan opini WTP laporan keuangan Polri” Pungkas Kapolres.

Adapun penghargaan tersebut adalah Terbaik II kinerja pelaksanaan anggaran satker Polres Lingkup Polda Kalsel Tahun 2023, Terbaik II Kategori capaian indicator kinerja pelaksanaan anggaran semester I TA. 2024 Satwil Polda Kalsel serta Terbaik II kinerja pelaksanaan anggaran satker Polres Lingkup Polda Kalsel Semester I Tahun 2024.

Acara yang berlangsung dengan khidmat ini dihadiri oleh Kapolda Kalsel Irjen Pol Winarto, S.H., M.H., Wakapolda Kalsel Brigjen Pol Rosyanto Yudha Hermawan, S.H., S.I.K., M.H., Irwasda Polda Kalsel Kombes Pol Turman Sormin Siregar, S.H., S.I.K., M.H., Pejabat Utama Polda Kalsel, Kasatwil Jajaran Polda Kalsel, dan Ka Kanwil DJPB Provinsi Kalsel.

Selain itu hadir juga, Tim Puskeu Polri diantaranya Brigjen Pol Lukas Akbar Abriari, S.I.K., M.H. (Kapuskeu Polri), Kombes Pol Ane Kristina, S.A.P. (Sespuskeu Polri / Ketua Tim), Kombes Pol Eryek Kusmayadi, S.Sos., S.I.K. (Anjak Madya Bidkeu Puskeu Polri), Kompol Indah Kartikasari (Paur Subbid Verif Bid Verif Puskeu Polri), dan Penda Putranto Jum Prasetyo, S.T. (Pamin Urmin Bid Verif Puskeu Polri).

Statistik Pembaca