Selasa, 11 Juni 2024

Tanah Laut - Kapolres Tanah Laut, AKBP Muhammad Junaeddy Johnny, S.I.K., M.H., menghadiri acara pelepasan sekaligus wisuda anak didik TK Yayasan Kemala Bhayangkari Kabupaten Tanah Laut. Acara yang penuh kebahagiaan tersebut dilaksanakan di Aula Satya Brata Mapolres Tanah Laut pada hari Selasa (11/6).

Acara wisuda ini juga dihadiri oleh Ketua Pengurus Yayasan Kemala Bhayangkari Ny. Vega Junaeddy, ketua panitia dan seluruh panitia, Kepala TK Kemala Bhayangkari, Kepala Bidang Paud Dan PNF, para orang tua murid, serta anak-anak didik TK Kemala Bhayangkari Tanah Laut.

Dalam amanatnya, Kapolres Tanah Laut AKBP Muhammad Junaeddy Johnny, S.I.K., M.H. menyampaikan bahwa hari ini merupakan kebahagiaan tersendiri bagi kita semua, khususnya saat ini karena bisa mendampingi anak-anak generasi masa depan di hari wisuda mereka. Beliau mengenang masa ketika para orang tua mengantarkan anak-anak mereka ke TK ini untuk mengenalkan mereka pada dunia pembelajaran, alam, lingkungan sekitar, hewan, interaksi dengan teman sebaya, serta masyarakat.

Sebagai orang tua, lanjutnya, tentu kita ingin berusaha semaksimal mungkin memberikan fasilitas pembelajaran terbaik untuk anak-anak kita. Oleh karena itu, secara khusus beliau mewakili rekan-rekan guru dan pengajar TK Kemala Bhayangkari mengucapkan terima kasih kepada para orang tua yang telah mempercayakan anak-anak mereka untuk belajar, bermain, serta memetik hal-hal baru di sini.

AKBP Muhammad Junaeddy Johnny juga menegaskan bahwa selama kurun waktu bersekolah di TK Kemala Bhayangkari, para guru telah berusaha semaksimal mungkin memberikan pendidikan dan pembelajaran terbaik kepada anak-anak. Mereka telah memberikan stimulasi yang optimal dalam mendorong serta menumbuhkan sikap cinta belajar sebagai landasan perkembangan anak ke depannya.

Beliau berharap, ilmu yang telah didapatkan anak-anak di TK Kemala Bhayangkari akan menjadi bekal yang berguna dalam melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Acara wisuda ini diakhiri dengan sesi foto bersama dan ucapan selamat dari para undangan kepada anak-anak yang telah berhasil menyelesaikan pendidikan di TK Kemala Bhayangkari Tanah Laut.

Tanah Laut – Upacara pemakaman jenazah Aiptu Didik Pujianto dilaksanakan dengan penuh khidmat di TPU Muslimin Pelaihari, Selasa (11/6), Upacara ini dipimpin langsung oleh Kabag SDM Polres Tanah Laut, AKBP Suparno, serta dihadiri oleh para pejabat utama Polres Tanah Laut, seluruh perwira, dan bintara Polres Tanah Laut.

Upacara pemakaman dimulai dengan pembacaan riwayat hidup Aiptu Didik Pujianto. Kemudian, Apel Persada dipimpin oleh inspektur upacara, AKBP Suparno. Setelah itu, jenazah diturunkan ke liang lahat, diiringi penghormatan yang dipimpin oleh komandan upacara dan tembakan salvo sebagai tanda penghormatan terakhir.

Penimbunan tanah ke liang lahat dilakukan secara simbolis oleh inspektur upacara, dilanjutkan oleh petugas dan keluarga. Peletakan karangan bunga dilakukan oleh perwakilan dari Kapolda Kalsel dan Kapolres Tanah Laut sebagai bentuk penghormatan terakhir.

Acara diakhiri dengan sambutan dari inspektur upacara, yang menyampaikan rasa belasungkawa yang mendalam dan penghargaan atas dedikasi almarhum selama bertugas di kepolisian. Upacara ditutup dengan penghormatan terakhir kepada almarhum Aiptu Didik Pujianto yang dipimpin oleh komandan upacara.

Kepergian Aiptu Didik Pujianto meninggalkan duka mendalam bagi keluarga, rekan kerja, dan seluruh jajaran Polres Tanah Laut. Semoga arwah almarhum diterima di sisi-Nya dan keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan.

Polri menerjunkan sebanyak 7 polisi wanita (Polwan) ke Arab Saudi untuk menjadi Petugas Pelayanan Ibadah Haji (PPIH). Pengiriman ini sebagai langkah Polri yang menjadi bagian tugas dan fungsinya sebagai Linjam (Perlindungan Jemaah).

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, 7 Polwan yang diberangkatkan berasal dari Lemdiklat Polri, SSDM Polri, Polda Jawa Tengah, Baharkam Polri hingga Polda Metro Jaya.

"Pengiriman personel Polri sebanyak 7 Polwan adalah bentuk nyata Polri melindungi para jemaah Warga Negara Indonesia (WNI) yang tengah melaksanakan ibadah haji di tanah suci," kata Trunoyudo dalam keterangan tertulisnya, Senin (10/6/2024).

Trunoyudo mengatakan, 7 polwan yang dikirim nantinya akan bertugas melayani jemaah haji WNI diantaranya mengantar jemaah yang tersesat kembali ke hotel. Kemudian memberi tahu jemaah orientasi wilayah Masjid (pintu masuk, WC, Wudhu, area shalat), tempat belanja, tempat makan, ATM, Money Changer, dan lainnya.

Selain itu, kata Trunoyudo, Polwan bertugas mengantar jemaah ke raudah, membantu jamaah mencarikan kursi rodanya yang hilang, memberikan pelayanan kesehatan, mengatur dan mengamankan area masuk raudah supaya tidak ada penyusup dan melakukan tindakan preventif cuaca panas di antrean raudah, dan membantu jamaah yang sakit kembali ke hotel.

"Lalu tugas Polwan juga bekerja sama dengan tim kesehatan membantu jemaah yang pingsan, memberikan pelayanan kesehatan kepada jamaah yang kakinya melepuh, membantu jemaah lansia yang terpisah di Masjid supaya bertemu kembali dengan keluarganya, membantu mengoperasionalkan alat komunikasi jemaah dan membantu jemaah yang diamankan askar," katanya.

Berikut daftar 7 Polwan yang berangkat menjadi Petugas Pelayanan Ibadah Haji (PPIH):

1. AKP NISWAH WARA PRATIDINA, PAMIN SUBBAGDAYAPOLWAN BAGGASSUS ROBINKAR SSDM POLRI

2. IPTU RASMAWAR, PAMIN UR REN SUBBAG RENMIN SEBASA LEMDIKLAT POLRI

3. BRIGPOL RESTU FITRI ADRYAN, BHAMINLAK BAGLEKDIK RODALPERS SSDM POLRI

4. IPTU ERNY SETYAWATI, Ps PAMIN SUBBAGSIUNLURJA BAGKHIRDIN ROWATPERS SSDM POLRI

5. BRIPTU DIAH KUMALASARI, BHAMINLAK POLDA JATENG

6. IPTU RULI DIANI, PS PAUR SIFASWASJASPAM DITPOTMAS BAHARKAM POLRI

7. IPTU ELFI RYANY, DITRESKRIMUM POLDA METRO JAYA

Statistik Pembaca