Senin, 04 September 2023

TANAH LAUT - Pada hari Senin, 04 September 2023, pukul 08.00 Wita, di Lapangan Apel Mapolres Tanah Laut, telah digelar kegiatan Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Kewilayahan Zebra Intan – 2023 oleh Polres Tanah Laut. Dengan tema utama, "Kamseltibcar Lantas Yang Kondusif Menuju Pemilu Damai,".

Operasi kepolisian kewilayahan ini, yang diberi sandi "Operasi Zebra Intan - 2023," dilaksanakan serentak di seluruh Jajaran Polda Se-Indonesia hingga kesatuan kewilayahan setingkat Polres.

Acara tersebut dipimpin oleh Inspektur Apel Kapolres Tanah Laut, AKBP Rofikoh Yunianto, S.I.K., yang diwakili oleh Wakapolres Kompol Muhammad Irfan, S.H., M.H. Apel ini turut dihadiri oleh para Forkopimda Tanah Laut, pejabat utama Polres Tanah Laut, Kapolsek Jajaran Polres Tala, seluruh perwira dan bintara Polres Tanah Laut, personil Kodim 1009/Tla, serta Dishub Kabupaten Tanah Laut.

Dalam amanat Kapolda Kalsel, yang dicakan Wakapolres, bahwa Operasi Zebra Intan – 2023 akan berlangsung selama 14 hari, dimulai dari tanggal 4 September 2023 hingga tanggal 17 September 2023. 

Operasi ini akan menekankan kegiatan edukatif, persuasif, dan humanis, didukung oleh gakkum secara elektronik baik secara statis maupun mobile, serta teguran simpatik. Tujuannya adalah meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas, dengan harapan dapat menurunkan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas serta mempromosikan budaya tertib berlalu lintas di jalan raya.

Operasi ini akan fokus pada 7 (tujuh) prioritas pelanggaran, yaitu:

1. Pengemudi atau pengendara ranmor yang menggunakan ponsel saat berkendara.

2. Pengemudi atau pengendara ranmor yang masih di bawah umur.

3. Pengemudi atau pengendara sepeda motor yang berboncengan lebih dari satu.

4. Pengemudi atau pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm atau tidak menggunakan sabuk pengaman (safety belt).

5. Pengemudi atau pengendara ranmor dalam pengaruh atau mengkonsumsi alkohol.

6. Pengemudi atau pengendara ranmor yang melawan arus.

7. Pengemudi atau pengendara ranmor yang melebihi batas kecepatan.

Dalam rangka mendukung kampanye ini, Polres Tanah Laut akan gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk mematuhi aturan berlalu lintas demi menjaga keamanan dan ketertiban selama masa Operasi Zebra Intan - 2023.

Operasi ini diharapkan dapat membantu menciptakan lingkungan lalu lintas yang lebih aman dan kondusif menjelang Pemilu, sehingga masyarakat dapat berpartisipasi dalam proses demokratis dengan tenang dan damai. 

Polres Tanah Laut mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk mendukung upaya ini demi mencapai tujuan bersama yang lebih baik dalam berlalu lintas.

Statistik Pembaca