Rabu, 18 Mei 2022

Bhabinkamtibmas Polsek Pelaihari, Polres Tanah Laut, Polda Kalsel tepatnya Desa Bumi Jaya Kecamatan Pelaihari Kabupaten Tanah Laut, Aipda Budi Setiawan mendatangi warga yang memiliki peternakan Sapi di Desa setempat, Rabu (18/5).

Kedatangan Aipda Budi Setiawan adalah untuk memberikan sosialisasi dalam upaya pencegahan dan penanganan penyebaran PMK (penyakit mulut dan kuku) pada hewan ternak sapi yang sedang menjadi trend saat ini.

Pada kesempatan itu Aipda Budi Setiawan meninjau kandang sapi milik warga tersebut dan menyampaikan pesan- pesan tertang pencegahan terhadap PMK (penyakit Mulut dan kuku) pada hewan ternak khususnya peternak sapi di Desa tersebut.

Aipda Budi Setiawan menerangkan tentang upaya apa saja yang dapat dilakukan untuk mencegah penyebaran PMK yang antara lain dapat dilakukan dengan cara meningkatkan kesehatan, yaitu dengan pemberian vitamin pada hewan, menjaga kebersihan kandang dan menyemprotkan disinfektan disekitar kandang agar kandang tetap dalam keadaan bersih.

“Kami menghimbau warga masyarakat tidak perlu panik karena penyakit PMK tidak menular kepada manusia, jadi kita tidak usah takut mengkonsumsi daging sapi maupun daging hewan lainnya” himbau Aipda Budi.

Apabila ada hewan ternak yang sakit agar segera menghubungi dokter hewan terdekat agar mendapatkan pengobatan dengan baik, tidak perlu dijual karna hewan tersebut hanya perlu diisolasi dan diobati dan dapat disembuhkan.

“Angka kematian hewan ternak yang tertular PMK sangat kecil hanya 5 % sehingga peternak tidak perlu khawatir” Ucap Aipda Budi.

Sebelumnya Kapolres Tanah Laut AKBP Rofikoh Yunianto, S.I.K telah mengintruksikan kepada seluruhnya jajarannya khusunya para Bhabinkamtibmas agar melakukan sosialisasi dalam upaya pencegahan dan penanganan penyebaran PMK (penyakit mulut dan kuku) pada hewan ternak di Kabupaten Tanah Laut.

 

 


Patroli sambang adalah salah satu wujud nyata sinergi antara Kepolisian Resor (Polres) Tanah Laut dengan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Pelaihari.

Seperti yang dilakukan Personil Satuan Sabhara Polres Tanah Laut secara rutin melaksanakan Patroli sambang pada Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Pelaihari, Selasa malam (17/5)

Kapolres Tanah Laut AKBP Rofikoh Yunianto, S.I.K., melalui Kasat Samapta Iptu Winarto, S.Sos,  mengatakan Ini adalah salah satu bentuk sinergi yang berusaha terus kami jaga dengan Polres Tanah Laut sebagai langkah untuk melakukan deteksi dini terhadap risiko gangguan keamanan dan ketertiban di Rutan Tanah Laut.

“Ia berharap kegiatan seperti ini bisa terus berlanjut, Selain untuk menciptakan situasi yang kondusif, juga untuk lebih mempererat kerja sama antara Pemasyarakatan dan kepolisian tentunya,” Katanya.

 


Satuan Samapta Polres Tanah Laut, Polda Kalsel melaksanakan patroli dengan sasaran obyek vital (Obvit) perbankan yang berada di wilayah hukum Polres Tanah Laut, Selasa malam (17/5).

Pada pelaksanaan patroli kali ini patroli Personil Sat Samapta Polres Tanah Laut mengunjungi Objek Vital seperti Bank BRI, Mandiri, Bank Mega, Bank Kalsel dan Bank BNI.

Kapolres Tanah Laut AKBP Rofikoh Yunianto, S.I.K., melalui Kasat Samapta Iptu Winarto, S.Sos,   bahwa pada kesempatan tersebut Personil Sat Samapta juga turut menyampaikan pesan-pesan kamtibmas agar Satpam senantiasa berhati-hati sekaligus waspada dalam setiap pelaksanaan tugas pengamanan di malam hari.

“Laksanakan pemantauan melalui CCTV, jika ada hal-hal yang mencurigakan ataupun gangguan kamtibmas lainnya baik di sekitar area Bank maupun mesin ATM segera laporkan kepada pihak Kepolisian sehingga segera mendapatkan penanganan”, himbau Kasat Samapta.

 


Patroli malam yang disebut Blue Light Patrol, Kegiatan Patroli seperti ini rutin dilakukan oleh Anggota Piket Sat Lantas Polres Tanah Laut, Selasa (17/5).

Kegiatan Blue Light Patrol dilakukan di tempat-tempat Rawan Balap Liar dan kegiatan masyarakat Kab. Tanah Laut, kali ini Sat Lantas Polres Tanah Laut melaksanakan Blue Light Patrol di Jalan Kemakmuran, Jln. Parit Mas, Jln. Sarang Halang, Jln. A. Syairani, Jln. Datu Insyad dan Jln. A. Yani Angsau dalam wilkum Polres Tanah Laut yang dinilai cukup rawan kecelakaan.

Tujuan dilaksanakannya Blue Light Patrol tersebut untuk menciptakan kondisi Keamanan, ketertiban, dan kelancara berlalu lintas (Kamtibcarlantas) di Kab. Tanah Laut, tidak hanya melakukan patroli, personil Sat Lantas Polres Tanah Laut juga melakukan pengaturan lalu lintas di daerah yang berpotensi terjadinya laka lantas.

Kapolres Tanah Laut AKBP Rofikoh Yunianto, S.I.K., melalui Kasat Lantas AKP Taufiq Qurahman, S.I.K mengatakan “Blue Light Patrol ini merupakan salah satu bentuk Patroli Dialogis yang kami laksanakan pada malam hari untuk menciptakan situasi Keamanan, ketertiban, dan kelancara berlalu lintas (Kamtibcarlantas)”.

“Saya berharap kegiatan Blue Light Patrol ini dapat membuat masyarakat Kab. Tanah Laut selalu mentaati peraturan berlalu lintas walaupun pada saat malam hari, dikarenakan malam harilah yang paling rawan terjadi kecelakaan terlebih lagi pada saat kurangnya penerangan di jalan” jelasnya.

Statistik Pembaca