Senin, 26 Februari 2024

 

TANAH LAUT - Polres Tanah Laut menggelar pelaksanakan kegiatan asistensi usulan penambahan prioritas Satuan Kerja (Satker) dalam rangka persiapan Pagu Indikatif Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Polda Kalsel) tahun anggaran 2025. 

Kegiatan ini dipimpin oleh AKBP Elviyunita Welong, S.S., sebagai Ketua Tim bersama rombongan, bertempat di Joglo Wicaksana Laghawa, Polres Tanah Laut, Senin (26/2). 

Acara dimulai dengan sambutan dari Wakapolres Tanah Laut, Kompol Andri Hutagalung, S.Ab., M.A.P., yang memberikan gambaran mengenai pentingnya persiapan anggaran dalam mendukung operasional kepolisian di wilayah tersebut. 

Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Ketua Tim, AKBP Elviyunita Welong, S.S., yang menekankan pentingnya kolaborasi dan kesinambungan antara satuan kerja dalam merumuskan prioritas anggaran yang efektif dan efisien.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pendalaman materi terkait usulan penambahan prioritas Satker untuk tahun anggaran 2025. 

Para peserta kegiatan tidak hanya terdiri dari para pejabat utama Tanah Laut, tetapi juga melibatkan para Kapolsek jajaran Polres Tanah Laut serta para operator anggaran Polres Tanah Laut. Ini menunjukkan komitmen bersama dalam mengoptimalkan penggunaan anggaran demi peningkatan kinerja dan pelayanan kepolisian kepada masyarakat.

TANAH LAUT - Polres Tanah Laut di bawah koordinasi Polda Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar patroli dan pengamanan di beberapa tempat ibadah dalam rangka menciptakan keamanan selama hari Minggu. Kegiatan ini dilakukan untuk memastikan situasi aman dan tertib di sekitar tempat ibadah selama perayaan keagamaan.

Gereja Santa Theresia di Jl. Parit Mas, Gereja Pantekosta di Jl. Parit Baru, Gereja Maranatha Angsau, serta Vihara Budha Sasana di Pelaihari menjadi fokus pengamanan pada Minggu (25/2). Tim patroli dari Polres Tanah Laut memastikan kehadiran yang cukup di sekitar lokasi, serta mengawasi aktivitas sekitar guna mencegah kemungkinan gangguan keamanan.

Kapolres Tanah Laut, AKBP Muhammad Junaeddy Johnny, S.I.K., M.H., dalam keterangannya, menegaskan pentingnya upaya pengamanan di tempat ibadah sebagai bagian dari tanggung jawab kepolisian untuk melindungi masyarakat, terutama saat mereka beribadah dan berkumpul bersama.

"Kami berkomitmen untuk menciptakan lingkungan yang aman bagi semua warga, terutama saat mereka menjalankan ibadah keagamaan. Patroli ini adalah bagian dari upaya kami untuk memberikan perlindungan dan rasa aman kepada seluruh masyarakat," ujarnya.

Diharapkan, dengan adanya patroli dan pengamanan ini, umat beragama dapat menjalankan ibadah mereka dengan khusyuk tanpa adanya gangguan yang mengganggu keamanan dan ketertiban di sekitar tempat ibadah. Langkah ini juga sebagai bentuk responsif dan proaktif dari pihak kepolisian dalam menjaga situasi keamanan di wilayahnya.

TANAH LAUT - Pelaksanaan pemungutan suara Pemilihan Umum (Pemilu) telah dilaksanakan serempak di seluruh wilayah Indonesia pada 14 Februari 2024 lalu. Keberhasilan pelaksanaan Pemilu tidak terlepas dari petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang bekerja keras dengan resiko kelelahan hingga jatuh sakit.

Beberapa anggota PPS dan KPPS di Kabupaten Tanah Laut (Tala) pun tampak bekerja tanpa lelah hingga beberapa diantaranya hingga jatuh sakit yang diduga karena faktor kelelahan. Salah satunya, Adi Susilo Saputro, anggota KPPS Sungai Riam, Kecamatan Pelaihari.

Mendengar hal tersebut, Kapolres Tala, AKBP Muhammad Junaeddy Johnny bersama jajaran PJU Polres Tala dan Kapolsek Pelaihari langsung mengunjungi anggota KPPS yang sakit tersebut pada Sabtu (24/2/24).

Selain mendoakan supaya lekas sembuh, Kapolres Tala pada kesempatan tersebut juga menyerahkan bingkisan untuk Adi yang sakit sejak beberapa hari lalu.

Menurut Kapolres Tala ada beberapa kecamatan anggota PPS dan KPPS yang sakit pasca melaksanakan tugasnya, beruntung tidak ada yang meninggal dunia dan sakit parah.

“Kebanyakan nge drof, karena lembur siang malam. Alhamdulillah saat ini keadaan rekan-rekan sudah mulai membaik. Kita doakan bersama agar segera lekas pulih,” ungkapnya, seusai kegiatan.

Untuk diketahui, dihari yang sama Polres Tala juga menggunjungi dan memberikan bingkisan kepada Akhmad Riyadi warga Sabuhur, Kecamatan Jorong anggota KPPS yang dirawat di Rumah Sakit Borneo Citra Medika (RSBCM) Pelaihari.

Wakapolres Tala, Kompol Andri Hutagalung yang memimpin giat tersebut menyampaikan bahwa ini bentuk empati dan kepedulian pihaknya terhadap anggota KPPS yang mengalami sakit pasca melaksanakan tugasnya.

“Kita Polres Tala menunjukan empati dengan memberikan semangat supaya anggota KPPS ini cepat sembuh, dan kita juga mengapresiasi atas tugas-tugas beliau yang sudah bisa melaksanakan dengan aman, tertib dan lancar tanpa hambatan hingga selesai pemungutan suara,” terangnya. 

Statistik Pembaca