Selasa, 07 Desember 2021

Tribrata News Tanah Laut. Polda Kalsel - Bupati Tanah Laut H. Sukamta Potong pita dan penandatanganan prasasti dalam peresmian Pos TNI AL di desa Tabanio kec. Takisung, Selasa (07/12).

Dalam kegiatan peresmian ini dihadiri oleh Danlanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Herbyantoko, M.Tr.Hanla, Danramil Takisung Kapten M Zaed, Kapolsek Takisung IPTU Danang Eko. P, S.Sos, Kepala Dinas PUPR Kab. Tala, Agus Sektiyaji, Camat Takisung, Yudo Restanto, SSTP, M.Ip, Danpos AL Tabonio Peltu Eko Prasetyo, Kades Tabonio, Mahdiyansyah serta Tokoh masyarakat dan Tokoh Agama Ds. Tabonio.

Dalam sambutanya Danlanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Herbyantoko,M.Tr.Hanla menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah daerah kab. tanah laut atas bantuan Hibah pembangunan Pos TNI AL di desa Tabanio semoga dapat semakin meningkatkan kualitas kinerja personil TNI AL yang bertugas di Desa Tabanio.

Di lain kesempatan Bupati Tanah Laut H. Sukamta menyampaikan dalam sambutanya dengan peresmian Pos TNI AL di desa tabanio ini saya berharap dapat meningkatkan secara optimal kinerja personil TNI AL dalam pengawasan diwilayah pesisir pantai khususnya Ds. Tabanio.

Secara Terpisah Kapolres Tanah Laut AKBP Rofikoh Yunianto, S.I.K mengucapkan selamat kepada Danlanal Banjarmasin atas terbangunya Pos TNI AL di Desa Tabanio semoga dengan keberadaan Pos tersebut dapat mempererat sinergitas antara TNI AL dan Polairud Polres Tanah Laut dalam menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif diwilayah pesisir kab. Tanah Laut.

Pada acara peresmian dilaksanakan pemotongan tumpeng oleh Bupati Tanah Laut H. Sukamta dan diserahkan kepada Danlanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Herbyantoko, M.Tr.Hanla sebagai ucapan selamat atas peresmian Pos TNI AL.

Tribrata News Tanah Laut. Polda Kalsel - Menyikapi potensi bahaya dampak La Nina diwilayah perairan kab. tanah laut, Sat Polairud Polres Tanah Laut gencarkan sosialisasi kepada masyarakat, Selasa (07/12).

Kesiapsiagaan tidak hanya pada sisi pemerintah atau pun aparatur di tingkat kecamatan dan desa, tetapi juga masyarakat. Personil Polairud Polres Tanah Laut menghimbau perlunya dukungan masyarakat untuk meningkatkan kesiapsiagaan mengantisipasi terjadinya bencana, khususnya mereka yang tinggal di lokasi rawan bencana seperti pesisir pantai.

Kapolrs Tanah Laut AKBP Rofikoh Yunianto, S.I.K melalui Kasat Polairud AKP Supriyanto, S.E, M.M menghimbau kepada masyarakat yang berada diwilayah pesisir pantau untuk tetap siagsiaga terhandak kemungkinan terjadinya peningkatan curah hujan serta kondisi cuaca yang dapat berpotensi peningkatan gelombang laut.

"selain itu kami berharap masyarakat ikut aktif dalam memberikan informasi kepada polairud setiap perkembangan situasi diwilayahnya jika berpotensi terjadinya bencana dapat segera dilaksanakan antisiapsi dan evakuasi agar tidak menimbulkan korban jiwa maupun harta benda" tambahnya.

pada kesempatan ini personil sat polairud yang melaksanakan kegiatan patroli bekerjasama dengan karang taruna desa muara asam asam untuk saling berbagi informasi dan bersama-sama melaksanakan pemantauan situasi dan perkembangan kondisi diwilayah desa muara asam asam. 

Tribrata News Tanah Laut. Polda Kalsel - Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), penyebab peningkatan curah hujan itu salah satunya adalah fenomena La Nina lemah yang sedang melanda Indonesia. Selasa(07/12) 

La Nina adalah fenomena alam yang menyebabkan udara terasa lebih dingin atau penyebab curah hujan yang lebih tinggi di suatu wilayah. Berdasarkan pengalaman fenomena La Nina tahun 2020, hasil kajian BMKG menyebutkan bahwa curah hujan di sejumlah wilayah Indonesia meningkat pada bulan November, Desember, dan Januari. 

Beberapa daerah bahkan mengalami peningkatan curah hujan berkisar 20 hingga 70 persen di atas normal, seperti Sumatera bagian Selatan, Jawa, Bali, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan bagian Selatan, dan Sulawesi bagian Selatan.

Menyikapi fenome La Nina ini Polsek Panyipatan yang beberapa wilayahnya berada dipesisir pantai melaksanakan patroli pengecekan kondisi beberapa pantai yang berada diwilayahnya seperti pantai batakan dan tanjung dewa untuk mengantisipasi angin ribut dan gelombang pasang sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diharapkan.

Kapolres Tanah Laut AKBP Rofikoh Yunianto, S.I.K melalui Kapolsek Panyipatan Iptu Subardi Nampan menyampaikan "berdasarkan hasil monitoring yang kami laksanakan untuk saat ini fenomena La Nina yang berpengaruh dipantai tanjung dewa masih dalam klasifikasi lemah dan aman sehingga masih belum ada potensi terjadi hal-hal yang dapat membahayakan masyarakat"

"tetapi kami dari polsek panyipatan terus melakukan patroli dan monitoring terutama bhabinkamtibmas desa tanjung dewa dan batakan kami siagakan terus di desa masing-masing untuk memonitoring setiap perkembangan situasi dan cuaca" tambahnya. 

Statistik Pembaca