Selasa, 13 Februari 2024

TANAH LAUT - Bertempat di Halaman Stadion Pertasi Kencana Pelaihari, Pj. Bupati Tanah Laut H. Syamsir Rahman memimpin acara pelepasan distribusi logistik dan pergantian pasukan pengamanan untuk Pemilu 2024 pada hari Selasa (13/2).

Pelepasan ini dilakukan bersama-sama dengan Kapolres Tanah Laut AKBP Muhammad Junaeddy Johnny, S.I.K., M.H. dan Forkopimda Kabupaten Tanah Laut, serta dihadiri oleh Ketua KPU dan Bawaslu Tanah Laut.

Pada kesempatan yang sama, Kapolres Tanah Laut AKBP Muhammad Junaeddy Johnny, S.I.K., M.H. menegaskan komitmen kepolisian dalam menjaga keamanan selama proses Pemilu.

"Kami siap menjaga keamanan dan ketertiban selama masa Pemilu. Tidak ada gangguan yang akan mengganggu kelancaran proses demokrasi ini," katanya.

Semua pihak berharap bahwa pelaksanaan Pemilu 2024 di Kabupaten Tanah Laut dapat berjalan lancar, aman, dan demokratis serta menghasilkan pemimpin yang dipilih secara adil oleh masyarakat.

TANAH LAUT - Kapolres Tanah Laut, AKBP Muhammad Junaeddy Johnny, S.I.K., M.H., turut mendampingi Penjabat (PJ) Bupati Tanah Laut, H. Syamsir Rahman, dalam rangka melakukan pemantauan kesiapan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di beberapa wilayah, khususnya di Daerah Kecamatan Pelaihari, Batu Ampar, dan Jorong, hari ini, Selasa (13/2).

Pemantauan dimulai dari lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) 15 RT. 13 di Kelurahan Angsau Kecamatan Pelaihari, kemudian berlanjut ke TPS 2 Desa Tirta Jaya Kecamatan Bajuin. Rombongan juga mengunjungi TPS 4 di Kantor Desa Pantai Linuh Kecamatan Batu Ampar, serta TPS 2 di SLTP 1 Desa Jorong Kecamatan Jorong, sebelum mengakhiri rangkaian pemantauan di Kantor Desa Jorong Kecamatan Jorong.

Kegiatan pemantauan tersebut juga dihadiri oleh sejumlah pejabat, termasuk Dandim 1009/Tanah Laut, Letkol Inf. Indar Irawan, S.E., M.Han., Kajari Tanah Laut, Teguh Imanto, S.H., M.Hum., serta perwakilan dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tanah Laut.

Dalam kunjungannya, Kapolres Tanah Laut memberikan perhatian khusus terhadap kesiapan keamanan dan kelancaran proses Pemilu di wilayah tersebut. Selain itu, para petugas juga melakukan pengecekan terhadap ketersediaan fasilitas dan logistik yang diperlukan untuk mendukung pelaksanaan Pemilu yang aman dan tertib.

Dalam keterangannya, AKBP Muhammad Junaeddy Johnny menegaskan pentingnya partisipasi aktif masyarakat dalam proses demokrasi, terutama dalam pemilihan umum.

“Dia juga mengimbau agar semua pihak dapat menjaga ketertiban dan menghindari segala bentuk pelanggaran yang dapat mengganggu jalannya proses demokrasi” Ucap Kapolres.

Kerjasama semua pihak dalam memastikan kelancaran pelaksanaan Pemilu di daerah tersebut. Dia berharap agar Pemilu 2024 dapat berjalan dengan baik dan mencerminkan kedewasaan demokrasi masyarakat Tanah Laut.

“Semua pihak diharapkan dapat berpartisipasi dengan bertanggung jawab demi terwujudnya proses demokrasi yang berkualitas dan adil bagi semua warga masyarakat” Tutup Kapolres.

TANAH LAUT, Pamatwil Kab. Tanah Laut Akbp Tri Hambodo, S.I.K yang bertanggung jawab atas pengawasan dan kelancaran proses pemilihan umum, melakukan kunjungan ke lokasi penyimpanan surat suara di Kec. Pelaihari sebagai bagian dari persiapan menyelenggarakan Pemilu mendatang.

Dalam kunjungan tersebut, Pamatwil Akbp Tri Hambodo, S.I.K  melaksanakan pengecekan di dampingi oleh Waka Polres Tanah Laut Kompol Andri Hutagalung, S.Ab., M.A.P bersama Kasat Reskrim dan Kapolsek pelaihari. Mereka tiba di Kantor Desa Atu atu langsung disambut oleh Camat Pelaihari Agus Setiyo, S.STP, M.M untuk meninjau kesiapan dan keamanan tempat penyimpanan surat suara yang akan digunakan pada hari pemungutan suara nanti.

Dalam Kegiatan ini Pamatwil menyatakan bahwa kunjungan ini adalah bagian penting dari persiapan menyelenggarakan Pemilu yang aman, jujur, dan adil. "Kami perlu memastikan bahwa surat suara tersimpan dengan baik dan aman di tempat penyimpanan yang telah ditetapkan. Hal ini penting untuk menjamin integritas proses pemilihan umum," ujarnya.

Selama kegiatan, Pamatwil melakukan pengecekan terhadap berbagai aspek, termasuk keamanan, ketersediaan ruang penyimpanan yang cukup, serta penjagaan dari pihak yang bertanggung jawab. Pengawasan yang ketat terhadap proses penyimpanan surat suara menjadi penting mengingat peran sentralnya dalam pemilihan umum. Hal ini juga bertujuan untuk mencegah potensi manipulasi atau kecurangan yang dapat merusak integritas hasil pemilu.

Pamatwil menegaskan bahwa pihaknya akan terus melakukan pemantauan dan pengawasan hingga hari pemungutan suara. "Kami akan memastikan bahwa seluruh tahapan pemilu berlangsung sesuai dengan aturan dan prinsip demokrasi yang berlaku," katanya.

Selain melakukan pengecekan Tempat penyimpanan Surat suara, Pamatwil juga sempat memberikan arahan kepada personil yang terlibat pengamanan TPS. "Sehingga Saya tegaskan ke rekan-rekan, jangan kita underestimate, jangan terlena dengan situasi yang kita anggap aman-aman saja. Laksanakan tugas sesuai pembagian tugas yang sudah diberikan, sehingga kehadiran Polri dapat menghadirkan kondisi yang kondusif pada pelaksanaan proses pemungutan dan perhitungan suara sampai selesai" pungkasnya.

Pada kesempatan terpisah Kapolres Tanah laut Akbp M. Junaeddy Johnny, S.I.K., M.H. menegaskan "Penting bagi kita untuk tetap menjaga netralitas dan menanggapi setiap permasalahan dengan solusi yang tepat. Kita harus siap menghadapi segala kemungkinan dan bertindak dengan profesionalisme serta menjaga kekompakan antarpetugas".

Setelah melaksanakan pengecekan di Kantor Desa Atu atu dilanjutkan pengecekan di kantor Kelurahan Angsau dan Kantor kelurahan Pelaihari. 

TANAH LAUT - Dalam upaya menjaga keamanan dan ketertiban menjelang pemungutan suara yang akan dilaksanakan pada tanggal 14 Februari mendatang, Polres Tanah Laut menggelar Patroli Cipkon Skala Besar. Kegiatan ini dilaksanakan di wilayah hukum Polres Tanah Laut, dipimpin langsung oleh Kabag Ops Polres Tanah Laut Kompol Abdul Fatah, S.Pd., M.M.

Pada Senin malam, tanggal 12 Februari 2024, pukul 21.00 WITA, personil dari berbagai instansi terlibat aktif dalam kegiatan ini. Anggota Polres Tanah Laut, Anggota Kodim 1009/TLA, Anggota Satpol PP Kabupaten Tanah Laut, serta Anggota Dishub Kabupaten Tanah Laut, berkumpul dalam Apel dan melaksanakan Patroli Besar tersebut.

Menurut Kabag Ops Polres Tanah Laut, Kompol Abdul Fatah, S.Pd., M.M., kegiatan ini memiliki tujuan yang sangat penting, yaitu menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat menjelang hari pemungutan suara. " Patroli Cipkon Skala Besar ini dilaksanakan dalam rangka mengantisipasi potensi kerawanan dan gangguan keamanan yang mungkin terjadi," ujarnya.

Dalam Apel Besar tersebut, para personil diberikan arahan dan tugas-tugas spesifik sesuai dengan area tanggung jawab masing-masing. Mereka dilengkapi dengan peralatan dan instruksi yang diperlukan untuk menjalankan tugasnya dengan baik.

Kapolres Tanah Laut Muhammad Junaeddy Johnny, S.I.K., M.H, melalui Kabag Ops, turut menekankan pentingnya kerja sama antar instansi dalam menjaga keamanan dan ketertiban. 

"Kerjasama dan koordinasi yang solid antar instansi sangat diperlukan dalam menghadapi situasi yang mungkin timbul," tambahnya.

Diharapkan dengan dilaksanakannya Patroli Cipkon Skala Besar ini, masyarakat dapat merasa aman dan nyaman dalam melaksanakan hak suaranya pada tanggal 14 Februari nanti. Polres Tanah Laut berkomitmen untuk terus menjaga situasi keamanan dan ketertiban demi terciptanya Pemilu yang berlangsung damai dan lancar.

Kegiatan Apel Besar dan Patroli Cipkon Skala Besar ini menjadi bukti nyata keseriusan aparat kepolisian dan instansi terkait dalam menjaga keamanan serta kelancaran proses demokrasi di wilayah Tanah Laut.


Statistik Pembaca