Rabu, 12 Juni 2024

Polri melalui Karo PID Div Humas Polri Brigjen Pol Tjahyono Saputro memberikan apresiasi kepada pelaksanaan Rapat koordinasi nasional (Rakornas) ke-15 Komisi Informasi se Indonesia yang berlangsung di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel).

“Semoga dalam Rakornas ini, dapat menghasilkan, suatu keputusan yang baik untuk semuanya,” harap Brigjen Pol Tjahyono Saputro.

Karo PID Div Humas Polri didampingi Kabid Humas Polda Kalsel Kombes Pol Adam Erwindi, S.I.K., M.H. mengatakan, sebagaimana yang disampaikan Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si. bahwa keterbukaan atau informasi sangat penting, sehingga kita selalu memberikan informasi sesuai aturan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Selain itu, Polri saat ini juga telah banyak membuat terobosan-terobosan positif dengan aplikasi-aplikasi pelayanan terhadap informasi yang akan disampaikan ke masyarakat.

Terkait sulitnya media mendapatkan konfirmasi kepada Polda maupun Polres, dirinya menanggapi, “Didalam Undang-undang ada informasi-informasi yang dikecualikan, sehingga tidak semua informasi dapat diberikan ke publik”.

Kemudian, informasi yang diberikan Polri juga harus berdasarkan sumber yang terpercaya, sehingga harus dilakukan pengecekan terlebih dahulu kemudian di data, baru setelah itu dapat diberikan / disampaikan ke publik.

“Untuk itu, bersabar, pastinya dari pimpinan Polri, Polda ataupun Kabid Humas akan memberikan / menyampaikan informasi yang diinginkan publik,” ucap Karo PID Div Humas Polri Brigjen Pol Tjahyono Saputro.

Beliau pun memastikan hubungan Polri dengan media sangat terbuka, kita memberikan yang sebesar-besarnya informasi yang dibutuhkan media dalam rangka pencari sumber berita.

“Kita tetap mengacu kepada regulasi yang telah ada, seperti kita membuat suatu terobosan aplikasi-aplikasi yang membangun untuk keterbukaan informasi,” pungkasnya menyampaikan tantangan Polri saat ini.

 


Kapolres Tanah Laut, AKBP Muhammad Junaeddy Johnny, S.I.K., M.H., menyambut kedatangan Tim Biro Provos Div Propam Polri yang dipimpin oleh Kabag Gaktibplin Biro Provos Div Propam Polri, Kombes Pol Joas Feriko Panjaitan, S.I.K., selaku ketua tim. Turut serta dalam kunjungan ini adalah Kabid Propam Polda Kalsel, Kombespol Drs. Jaka Suprihanta, S.H., M.Hum, Rabu (12/6).

Kedatangan Tim Biro Provos Div Propam Dalam rangka menegakkan kedisiplinan dan kepatuhan seluruh anggota Polri dan ASN Polri dengan melakukan Operasi Penegakan Ketertiban dan Disiplin (Gaktibplin) di Polres Tanah Laut.

Kegiatan tersebut diikuti oleh Kasubdit Provos Polda Kalsel, Pejabat Utama Polres Tanah Laut, Kapolsek Jajaran Polres Tanah Laut, Tim Biro Provos Div Propam Polri, Tim Pendamping Polda Kalsel, serta para perwira dan bintara Polres Tanah Laut.

Diawali dengan apel yang dipimpin langsung oleh Kabag Gaktibplin Biro Provos Div Propam Polri, Kombes Pol Joas Feriko Panjaitan, S.I.K., dilanjutkan Tim Propam Mabes Polri melakukan pemeriksaan kelengkapan administrasi perorangan, sikap tampang, hingga tes urine kepada seluruh personil Polres Tanah Laut, pemeriksaam ruang tahanan dan diakhiri dengan memberikan arahan kepada seluruh personil Polres Tanah Laut bertempat di Joglo Wicaksana Laghawa Mapolres Tanah Laut.

Operasi Gaktibplin ini merupakan salah satu upaya Polri dalam mewujudkan transformasi menuju Polri yang Presisi (Prediktif, Responsibilitas, dan Transparansi Berkeadilan). Dengan kedisiplinan dan kepatuhan yang tinggi, diharapkan Polri dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Dari hasil Operasi Gaktibplin di Polres Tanah Laut, tidak ditemukan pelanggaran yang menonjol. Hal ini menunjukkan bahwa personel Polres Tanah Laut telah menunjukkan komitmennya dalam menjaga kedisiplinan dan kepatuhan.

Statistik Pembaca