Rabu, 30 Juni 2021

  

Untuk mencegah terjadinya Penyalahgunaan narkoba. Kapolsek Panyipatan Polres Tanah Laut Polda Kalimantan Selatan Iptu Subardi Nampan bersama Danramil dan Camat Panyipatan, melaksanakan sosialisasi Bahaya Narkoba kepada masyarakat, Rabu (30/06/21). 

Sosialisasi tersebut dilaksanakan di Kantor Kecamatan Panyipatan yang berada di Desa Panyipatan Kec. Panyipatan Kab. Tanah Laut.

Dalam sosialisasi nya Iptu Subardi menyampaikan. "Narkoba merupakan zat kimia yang biasanya digunakan untuk merawat kesehatan. Zat ini akan bekerja dengan memengaruhi susunan saraf sentral. Jika disalahgunakan maka akan berdampak buruk bagi kesehatan"

Narkoba disebut juga narkotika, psikotropika, obat-obatan terlarang, dan zat aditif. Narkoba paling populer di Indonesia, yakni ganja, sabu, ekstasi, dan heroin. Narkoba akan menyebabkan efek kecanduan secara fisik dan psikis. Sehingga, tidak heran jika banyak generasi kita yang kecanduan narkoba.

Lebih lanjut Iptu Subardi Nampan juga menjelaskan tentang hukum yang berlaku di Indonesia tentang Penyalahguna narkoba, Untuk narkoba di atur dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 1997 tentang Narkotika. mengatur upaya pemberantasan terhadap tindak pidana Narkotika melalui ancaman pidana denda, pidana penjara, pidana seumur hidup, bahkan pidana mati.

Di samping itu, Undang-Undang Nomor 22 Tahun 1997 juga mengatur mengenai pemanfaatan Narkotika untuk kepentingan pengobatan dan kesehatan serta mengatur tentang rehabilitasi medis dan sosial. 

Namun, dalam kenyataannya tindak pidana Narkotika di dalam masyarakat menunjukkan kecenderungan yang semakin meningkat baik secara kuantitatif maupun kualitatif dengan korban yang meluas, terutama di kalangan anak-anak, remaja, dan generasi muda pada umumnya.

Kemudian Iptu Subardi juga mensosialisasikan tentang pelaksanaan Vaksin Covid19 yang saat ini sedang di laksanakan di Kabupaten Tanah Laut. Beliau memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa vaksin Covid 19 halal dan aman. Jadi bagi masyarakat yang berkenan di Vaksin silahkan datang ke Puskesmas terdekat atau langsung datang ke Polres Tanah Laut, karena saat ini sedang berlangsung vaksinasi massal

"Jangan mudah percaya berita hoax terkait vaksin, kami semua dari pihak Kepolisian, TNI dan tenaga kesehatan telah di lakukan vaksin dan kami tidak ada merasakan efek yang buruk seperti yang di beritakan para penyebar Hoax" jelas Kapolsek.

0 comments:

Statistik Pembaca