Kamis, 18 Maret 2021

 

Polsek Kintap, Polres Tanah Laut melaksanakan Apel Gabungan Gelar Peralatan dalam rangka Kesiapan Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (karhutla) di perusahaan sawit PT. Pola Kahuripan Inti Sawit (PT. PKIS) Desa Kintapura Kecamatan Kintap Kabupaten Tanah Laut Provinsi Kalimantan Selatan. Kamis (18/03/2021).

Apel ini digelar dalam rangka sebagai bentuk kesiapan TNI, POLRI, BPBD dan Perusahaan PT. PKIS untuk menghadapi bencana karhutla yang memang rawan terjadi di wilayah kecamatan Kintap Kabupaten Tanah Laut Provinsi Kalimantan Selatan tiap tahunnya. Dampak karhutla itu sendiri bukan hanya dirasakan masyarakat Kabupaten Tanah Laut, tetapi bisa berimbas ke daerah lain, baik dalam segi kesehatan, perekonomian, maupun kerusakan lingkungan hutan.


Kapolsek Kintap Iptu Agus Adi Apriyoga, S.I.K, M.H mengatakan, "Seperti diketahui, wilayah kecamatan Kintap memiliki kerawanan terhadap terjadinya bencana, salah satunya yang sering terjadi adalah kebakaran hutan dan lahan, yang sudah menjadi agenda kalender kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat) tahunan."
Oleh karena itu, Kapolsek Kintap menegaskan bahwa perlu adanya langkah-langkah pencegahan secara nyata, dalam bentuk kesiapan Satgas Karhutla, guna menyiagakan personel juga sarana prasarana yang akan digunakan untuk mengatasi bencana Karhutla di wilayah Kecamatan Kintap. Terlebih lagi, musim kemarau pada tahun akan lebih panjang, sebagaimana prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Camat Kintap Eko Trianto, S.Sos mengatakan, upaya penanggulangan Karhutla di Kecamatan Kintap harus dilaksanakan secara sinergis antara TNI, Polri, serta stakeholders (pemangku kepentingan) maupun potensi masyarakat lainnya, dan bertindak sebagai leading sector adalah BPBD yang ada di tingkat Provinsi, kabupaten dan kecamatan. "Dikarenakan peralatan dan sarana pendukung yang dimiliki masing-masing instansi dalam penanggulangan karhutla di kecamatan Kintap masih sangat terbatas, maka perlu ada partisipasi, kerjasama, dan koordinasi dari instansi terkait untuk menyiapkan peralatan dan satuan tugas penanggulangan karhutla, sesuai dengan tugas pokok dan tanggung jawabnya, sehingga siap digerakkan sewaktu-waktu ketika bencana Karhutla terjadi," jelas Camat Kintap.

 Rius General Manajer PT. PKIS menyampaikan, kegiatan ini wujud kesiapan kami dalam menghadapi Karhutla tahun 2021, perusahaan siap mendukung langkah pemerintah dalam mencegah dan menanggulangi bahaya Karhutla khususnya di kecamatan Kintap. Kita bersama-sama bergandengan tangan ciptakan situasi yang aman dan kondusif, jelas GM PT. PKIS

Danramil Kintap Kapten M. Jodi mengatakan, Kesiapan Perusahaan PT. PKIS dalam menghadapi Karhutla patut mendapat Apresiasi, karena dengan kepedulian semua pihak maka ancaman Karhutla akan dapat di minimalisir berkat kerjasama kita semua.

Hadir dalam kegiatan tersebut Camat Kintap Eko Trianto, S.Sos beserta Staf, Danramil Kintap Kapten M. Jodi beserta anggota, Kapolsek Kintap Iptu Agus Adi Apriyoga, S.I.K, M.H beserta anggota, Pimpinan Perusahaan PT. PKIS beserta Jajaran.

0 comments:

Statistik Pembaca