Kamis, 18 Januari 2024

 

Menjelang rangkaian pemilu yang akan digelar 2024 mendatang, Polres Tanah Laut melaksanakan latihan pengendalian massa pada Kamis (18/1) di lapangan Mapolres setempat. Latihan dalmas tersebut diikuti oleh personel gabungan dari Personil Polres dan polsek jajaran.

Kapolres Tanah Laut AKBP Muhammad Junaeddy Johhny, S.I.K., M.H., melalui Kabagops, Kompol Abdul Fatah, S.Pd, M.M., menuturkan bahwa latihan ini digelar sebagai langkah dalam menghadapi kesiapan dalam pengamanan pemilu yang akan melibatkan seluruh personel Polres Tanah Laut.

“Selain sebagai latihan menghadapi pengamanan, pada kesempatan ini kami juga merefresh kembali langkah-langkah pengendalian massa yang sebenarnya sudah dikuasai oleh setiap anggota Polri,” ungkap Kabagops.

Latihan ini rutin dilaksanakan setiap dua kali dalam seminggu, dengan materi yang diberikan yaitu teori dasar-dasar sikap dalmas lanjut sebagai sikap di tempat dengan menggunakan perlengkaan dalmas dan sikap pindah tempat serta formasi dalmas.

Latihan dalmas ini dapat dilaksanakan dengan sungguh-sungguh agar masing-masing personel siap menghadapi situasi di lapangan yang sebenarnya.

TANAH LAUT, 17 Januari 2024 - Pada Hari Rabu, 17 Januari 2024, pukul 08.00 WITA, Polres Tanah Laut melaksanakan Kegiatan Upacara Bendera Dalam Rangka Hari Kesadaran Nasional.

Upacara tersebut dipimpin oleh AKBP Muhammad Junaeddy Johnny, S.I.K., M.H, yang diwakili oleh Wakapolres Kompol Andri Hutagalung, S.Ab., M.A.P di Lapangan Apel Polres Tanah Laut.

Dalam upacara yang dihadiri oleh Para Pejabat Utama Polres Tanah Laut, Para Kapolsek Jajaran Polres Tanah Laut, serta seluruh Perwira, Bintara, dan ASN Polres Tanah Laut, Wakapolres Tanah Laut, Kompol Andri Hutagalung, S.Ab., M.A.P membacakan Amanat Kapolda Kalsel, Dalam amanatnya, Wakapolres menyampaikan bahwa upacara ini merupakan momentum untuk merefresh semangat kerja, dedikasi, tanggung jawab, dan memantapkan kualitas pengabdian sebagai insan bhayangkara yang dilandasi oleh tribrata dan catur prasetya.

Selain itu, Kompol Andri Hutagalung juga menyinggung mengenai agenda Pemilihan Umum Serentak 2024. Ia mengingatkan seluruh personel untuk tetap menjaga netralitas, tidak terlibat dalam kegiatan politik praktis, serta menunjukkan sikap yang tidak berpihak kepada para kontestan pada pemilu 2024.

"Dalam rangka pengamanan pemilu 2024, kita perlu menjaga netralitas, tidak melakukan kegiatan politik praktis, dan menunjukkan sikap yang tidak berpihak kepada para kontestan. Seluruh tahapan pemilu membutuhkan fokus dan keseriusan kita agar berjalan dengan lancar, aman, jujur, dan demokratis," tegasnya.

Wakapolres juga mengajak seluruh personel untuk meningkatkan komunikasi publik dan upaya cooling system guna mendukung partisipasi penuh masyarakat dalam mendukung penyelenggaraan pemilu yang aman dan damai. Sinergitas dan soliditas antar personel pengamanan dan stakeholder terkait juga dianggap sebagai kunci utama keberhasilan dalam pengamanan pemilu 2024.

Dengan arahan tersebut, diharapkan Polres Tanah Laut dapat memberikan kontribusi maksimal dalam menjaga keamanan dan kelancaran Pemilihan Umum 2024 yang merupakan salah satu pesta demokrasi bangsa.

Statistik Pembaca