Minggu, 02 Februari 2020



Polres Tanah Laut melaksanakan Silaturahmi dengan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Tanah Laut dalam rangka menjalin sinergitas kemitraan untuk terciptanya situasi kamtibmas yang aman, damai dan sejuk di wilayah hukum Polres Tanah Laut, Minggu (02/02) Sore.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Ruang Rapat Parama Satwika Polres Tanah Laut, yang dipimpin langsung oleh Kapolres Tanah Laut AKBP Cuncun Kurniadi, S.IK, MH dan dihadiri FKUB dan tokoh lintas Agama Kabupaten Tanah Laut.

Pada kegiatan tersebut dilaksanakan Deklarasi Pernyataan Bersama FKUB Tanah Laut yang isinya sebagai berikut :

1.       Menyatakan penyesalan dan rasa sedih yang sedalam-dalamnya atas terjadinya pengrusakan tempat ibadah umat Islam diwilayah Minahasa yang dilakukan dengan cara kekerasan oleh sekelompok orang.

2.       Menyatakan penyesalan atas kejadian tersebut karena tidak mengedepankan dialog dan musyawarah, tetapi menggunakan kekerasan sehingga dapat menyulut kekerasan lainnya dan berpotensi konflik horisontal antar umat beragama.

3.       Meminta kepada aparat penegak hukum untuk segera menangani masalah tersebut secara adil dan prporsional, memberikan klarifikasi dan menjelaskan perkembangan penanganan laporan secara cepat, sehingga tidak menimbulkan keresahan di masyarakat.

4.       Pemerintah daerah setempat harus secepatnya melakukan koordinasi, melibatkan para tokoh agama, dan membrikan penjelasan kepada masing – masing umatnya, sehingga masalah ini dapat segera diatasi dengan seadil – adilnya dan tidak menimbulkan masalah lain di kemudian hari.

5.       Menghimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Tanah Laut melalui FKUB, agar tidak mudah termakan provokasi, karena dapat merusak kedamaian, ketentraman, serta hubungan antar umat beragama yang sudah sangat harmonis di Kabupaten Tanah Laut.

0 comments:

Statistik Pembaca