Jumat, 21 Februari 2020



Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Polda Kalsel) melakukan penanaman Mangrove bersama Forkopimda, Pelajar dan Mahasiswa di Pantai Pagatan Besar Kecamatan Takisung Kabupaten Tanah Laut (Tala), Jumat (21/2/2020) pagi.

Penanaman Mangrove di lahan 4,5 Haktare tersebut bertemakan Polri peduli penghijauan Pantai dan penguatan ekonomi masyarakat pesisir sekaligus bersih-bersih laut, pantai Polda Kalsel dan Bhayangkari dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional.

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kapolda Kalsel Irjen Pol Drs. Yazid Fanani, M.Si., dihadiri Wakapolda Kalsel, Irwasda Polda Kalsel, Pejabat Utama Polda Kalsel, Ketua Bhayangkari Daerah Kalsel beserta Pengurus Bhayangkari Daerah Kalsel, Kadis Kelautan dan Perikanan Kalsel, Bupati Tala, Kapolres Tala, Ketua Bhayangkari Cabang Tala beserta Pengurus Bhayangkari Cabang Tala, Dandim 1009/Pelaihari, Danlanal Takisung, Forkopimda Kabupaten Tala, Kepala Desa Takisung, para Pelajar dan Mahasiswa, serta personil Polri dan ASN Polri.

Pada kesempatan tersebut dilakukan penyerahan secara simbolis bibit mangrove oleh Kapolda Kalsel Irjen Pol Drs. Yazid Fanani, M.Si. kepada bapak Haberani selaku kepala Desa Pagatan Besar dan Bapak Zulkarnain selaku Tokoh Masyarakat Desa Pagatan Besar, dan bibit ikan serta alat tulis oleh Kapolda Kalsel dan Bibit ikan diserahan oleh Wakapolda Kalsel Brigjen Pol Aneka Pristafuddin, MH kepada Bapak H. Mahrudin dan Bapak Budiman selaku Kelompok Nelayan Nila Embun Batola serta penyerahan alat tulis dari Ibu Ketua Bhayangkari Daerah Kalsel Ny. Rinny Yazid Fanani kepada Pelajar Ahmad Raehan Alfarizi dan Rinisa Saumi.

Kapolri Jenderal Polisi Drs. Idham Azis, M.Si. dalam sambutannya yang dibacakan Kapolda Kalsel Irjen Pol Drs. Yazid Fanani, M.Si. menyampaikan, giat ini dalam rangka Polri Peduli Penghijauan Pantai dan Penguatan Ekonomi Masyarakat Pesisir.

“Giat penanaman Mangrove yang di ikuti oleh ratusan peserta ini bertujuan untuk penghijauan dan penguatan ekonomi masyarakat,” katanya.
Lanjut Kapolda Kalsel, penanaman pohon Mangrove selain penghijauan dan penahan abrasi juga untuk menjaga ekosistem biota laut.

“Ini adalah salah satu bentuk kepeduluan Polri tentang penghijauan juga merupakan program pemerintah agar melaksanakan penanaman pohon Magrove di seluruh wilayah Indonesia yang berfungsi meningkatkan ekonomi masyarakat,” jelasnya.

Kapolda berpesan, agar tanaman Magrove di jaga bersama sama dan penanamannya di lakukan secara berkesinambungan agar tetap terjaga.

“Harus ada tindak lanjut dari masyarakat dan peduli lingkungan tentang kelestarian Mangrove sehingga apa yang di harapkan kita dan pemerintah tercapai dengan baik,” ungkapnya.
Menurutnya, penanaman Mangrove juga untuk memberikan kesadaran akan pentingnya menjaga ekosistem pantai, utamanya vegetasi Mangrove.

Seperti diketahui, hutan Mangrove sangat banyak manfaatnya bagi kehidupan manusia. antara lain, sebagai sumber oksigen, sumbar ekonomi bagi masyarakat, habitat flora fauna, pengendali bencana alam seperti erosi dan abrasi pantai, mengurai pencemaran air laut dan zat-zat racun baik kimia serta zat organik, bahkan bisa menumbuhkan garis pantai dari waktu ke waktu.

“Dengan kegiatan ini diharapkan kelestarian alam dan lingkungan pantai dapat terjaga dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir yang merupakan salah satu komponen pendukung dalam pertahanan negara,” tegas Kapolda Kalsel Irjen Pol Drs. Yazid Fanani, M.Si.

0 comments:

Statistik Pembaca