Pelaihari –  Polsek Pelaihari , Polres Tanah Laut , melalui bhabinkamtibmas intens melaksanakan patroli dialogis kepada warga binaannya. Tujuannya tak lain memberikan semangat, motivasi dan tentu menggugah kesadaran warga masyarakat untuk menghidupkan kembali siskamling.


“Masalah kamtibmas bukan semata-mata tanggung jawab polisi, namun menjadi tanggung jawab semua pihak, baik aparat keamanan, pemerintah, dan seluruh warga masyarakat secara terpadu mengupayakan kondisi kamtibmas yang terkendali,”  ungkap Bhabinkamtibmas Desa Telaga kec. Pelaihari Aipda Diyono, saat patroli dialogis menyasar petugas jaga pos kamling, Kamis (01/07) malam.


Diyono mengatakan, siskamling merupakan upaya bersama dalam meningkatkan keamanan dan ketertiban masyarakat dalam memberikan perlindungan dan pengamanan bagi masyarakat dengan mengutamakan upaya pencegahan dan menangkal berbagai bentuk ancaman dan gangguan kamtibmas.


“BBKTM meminta siskamling ditingkatkan untuk mencegah gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat pada masa pandemi Covid-19 saat ini yang belum berakhir,” tandasnya.


Menurutnya, kepedulian dan keterlibatan warga dalam pemeliharaan kamtibmas perlu ditingkatkan. Kondisi ini wajar adanya. Polsek Pelaihari memang terus berusaha agar keramaian-keramaian itu bisa diminimalkan. Harapannya penyebaran Covid-19 bisa ditekan, seiring berkurangnya pertemuan fisik antarindividu.


”Kami ingatkan kepada warga yang ronda malam untuk tetap waspada terhadap orang asing yang datang sehingga bisa mengantisipasi hal yang tidak diinginkan serta secepatnya menghubungi Polsek Pelaihari apabila dibutuhkan tindakan kepolisian serta tetap mematuhi protokol kesehatan demi mencegah penyebaran virus corona,” jelas Bimo.


Kapolres Tanah Laut AKBP Cuncun Kurniadi, S.I.K, M.H , melalui Kapolsek Pelaihari Ipda May Felly  mengatakan, untuk mengoptimalkan pencegahan gangguan kamtibmas, maka peran serta masyarakat sangat diharapkan dengan pengaktifan kembali siskamling.


Apalagi pengaktifan siskamling juga penting saat ini, karena mempunyai daya cegah, daya tangkal dan daya lawan terhadap segala bentuk gangguan kamtibmas di tengah masyarakat. “Dengan semangat gotong royong dan kebersamaan masyarakat, situasi kamtibmas yang ada di lingkungan pemukiman semakin kondusif,”tutur kapolsek.

Begitu juga, lanjut Kapolsek, peran serta masyarakat untuk menjaga keamanan wilayah sangat penting. Tujuan diadakannya siskamling itu sendiri untuk menjaga keamanan di lingkungan sekitar. Petugas Polsek Pelaihari apabila tidak atau tanpa didukung dari peran serta masyarakat juga tidak akan bisa maksimal dalam memelihara serta menjaga kamtibmas yang ada di kelurahan dan desa.


0 comments:

Statistik Pembaca