Selasa, 07 Desember 2021

Tribrata News Tanah Laut. Polda Kalsel - Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), penyebab peningkatan curah hujan itu salah satunya adalah fenomena La Nina lemah yang sedang melanda Indonesia. Selasa(07/12) 

La Nina adalah fenomena alam yang menyebabkan udara terasa lebih dingin atau penyebab curah hujan yang lebih tinggi di suatu wilayah. Berdasarkan pengalaman fenomena La Nina tahun 2020, hasil kajian BMKG menyebutkan bahwa curah hujan di sejumlah wilayah Indonesia meningkat pada bulan November, Desember, dan Januari. 

Beberapa daerah bahkan mengalami peningkatan curah hujan berkisar 20 hingga 70 persen di atas normal, seperti Sumatera bagian Selatan, Jawa, Bali, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan bagian Selatan, dan Sulawesi bagian Selatan.

Menyikapi fenome La Nina ini Polsek Panyipatan yang beberapa wilayahnya berada dipesisir pantai melaksanakan patroli pengecekan kondisi beberapa pantai yang berada diwilayahnya seperti pantai batakan dan tanjung dewa untuk mengantisipasi angin ribut dan gelombang pasang sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diharapkan.

Kapolres Tanah Laut AKBP Rofikoh Yunianto, S.I.K melalui Kapolsek Panyipatan Iptu Subardi Nampan menyampaikan "berdasarkan hasil monitoring yang kami laksanakan untuk saat ini fenomena La Nina yang berpengaruh dipantai tanjung dewa masih dalam klasifikasi lemah dan aman sehingga masih belum ada potensi terjadi hal-hal yang dapat membahayakan masyarakat"

"tetapi kami dari polsek panyipatan terus melakukan patroli dan monitoring terutama bhabinkamtibmas desa tanjung dewa dan batakan kami siagakan terus di desa masing-masing untuk memonitoring setiap perkembangan situasi dan cuaca" tambahnya. 

0 comments:

Statistik Pembaca