Tribrata News Tanah Laut, Polda Kalsel - Kapolsek Takisung polres tanah laut Ipda Danang Eko. P, S.Sos menghadiri Launching Pilot Project Kunjungan rumah / on call pelayanan kesehatan, Rabu (06/10).

Di tengah gelombang ke-4 penyebaran Covid-19, antisipasi lonjakan kasus konfirmasi positif Kini Pemerintah daerah kabupaten tanah laut merencanakan untuk mengaktifkan layanan on call di setiap Puskesmas yang bertujuan untuk membantu menangani pasien yang melakukan isolasi mandiri (isoman) melalui layanan telepon.

kegiatan launcing dibuka secara simbolis oleh bupati tanah laut H. Sukamta dengan pemukulan gong yang menandai dibukanya pelayanan kunjungan rumah / on call pelayanan kesehatan bertempat di Aula kantor kecamatan Takisung dengan dihadiri Asisten II, Kadinkes Kabupaten tanah laut, camat takisung, kepala puskesmas takisung serta seluruh kades sekecamatan takisung.

“Maksudnya agar warga yang terpapar Covid 19 dengan gejala ringan tidak perlu lagi harus datang ke rumah sakit atau puskesmas, tapi cukup isolasi mandiri di rumah dan dibantu lewat layanan telekonsultasi oleh dokter yang ada di puskemas sesuai tempat tinggalnya, bahkan hingga pelayanan visit perawatan di rumah jika dibutuhkan. Hal ini bagian dari strategi pemerintah dalam menekan penyebaran Covid 19 di tempat pelayanan kesehatan,” dalam sambutan Bupati.

“Jadi untuk saat ini puskesmas takisung menjadi proyek percontohan untuk pelaksanaan program ini dan jika telah berjalan dengan baik akan diterapkan puskemas di kecamatan lain yang berada dikabuaten tanah laut,” ungkap Bupati. 

Terpisah, Kapolres Tanah Laut AKBP Rofikoh Yunianto, S.I.K menerangkan "kami dari pihak kepolisian resort tanah laut beserta jajaran akan mendukung penuh program kunjungan rumah / on call pelayanan kesehatan ini, apalagi pada masa pandemi covid-19 ini banyak masyarakat yang terkadang mengalami keluhan namun tidak berani berobat kerumah sakit karena momok menakutkan yang beredar di lingkungan masyarakat tentang prosedur pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang terkonfirmasi positif covid-19".

"Sehingga apabila layanan on call nanti aktif maka kata Kadinkes Kab. tanah Laut, mereka yang positif, tidak sesak dan tidak komorbid, maka lebih baik isolasi mandiri di rumah dan bisa memanfaatkan telemedis dari pihak puskesmas agar tetap mendapatkan jasa konsultasi dokter dan pengiriman obat secara cuma-cuma.

“Sehingga dengan layanan ini setidaknya pasien bisa terhindar dari paparan sebaran Covid yang tinggi di rumah sakit atau puskesmas,” tambah Kadinkes

0 comments:

Statistik Pembaca