Sabtu, 17 Februari 2024

Kepolisian Resor (Polres) Tanah Laut Polda Kalsel masih terus berlanjut melakukan pengamanan ketat terhadap kotak surat suara di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), setelah sukses mengamankan jalannya pemungutan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Pemilu 2024.

Kapolres Tanah Laut AKBP Muhammad Junaeddy Johnny, S.I.K., M.H.,  melalui Kasi Humas Iptu Hari Setiawan, M.Ap, menegaskan bahwa pengamanan Kotak surat suara di PPK ini akan tetap berlangsung selama Kotak Surat hasil penghitungan tersebut masih di PPK.Hal ini sesuai dengan surat telegram Kapolri Nomor ST/331/II/PAM.3.3./2024 tanggal 10 Februari 2024 tentang Pengamanan Pendistribusian dan Penyimpanan Kotak Suara Pilpres 2024.

“Kami berkomitmen untuk terus menjaga keamanan dan keutuhan surat hasil pemungutan suara dan perlengkapan lain di PPK. Pengamanan ini dilakukan secara masif dengan melibatkan seluruh personel Polres dan Polsek secara bergantian sesuai jadwal yang telah diatur Kapolsek masing masing,” ujar Kasi Humas.

Selain penempatan personil Pengamanan di tiap tiap PPK selama 24 jam, Personil Polri juga melakukan Patroli rutin di sekitar PPK guna mencegah terjadinya gangguan keamanan.

“Kami terus berkoordinasi dengan TNI, PPK dan Panwascam untuk bersama membantu pelaksanaan pengamanan Logistik Pemilu selama di PPK sampai digeser kembali ke gudang Logistik KIP Tanah Laut.” Tambah Kasi Humas.

Selanjutnya melalui Kasi Humas, Kapolres juga menghimbau kepada masyarakat untuk tetap bersama-sama menjaga keamanan dan kondusifitas selama proses rekapitulasi suara di PPK.

“Mari kita jaga bersama demokrasi ini dengan menjaga keamanan dan kondusifitas selama proses rekapitulasi sehingga proses semua tahapan Pemilu 2024 dapat berjalan dengan aman, lancar dan Damai” Pungkas Kasi Humas.


Polda Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Direktorat Polairud Polda Kalsel berhasil mengungkap kasus pembajakan Kapal TB Royal 27 yang terjadi di perairan Tanjung Selatan, Kabupaten Tanah Laut, Provinsi Kalsel. Kejadian tersebut dilaporkan terjadi pada hari Kamis 1 Februari 2024 pukul 00.30 WIB. Selain pembajakan, kasus ini juga melibatkan pencurian dan tindak kekerasan.


Kapolda Kalsel Irjen Pol Winarto, S.H., M.H., pun menggelar Konferensi Pers dihadiri Kakor Polairud Baharkam Polri Irjen Pol M. Yassin Kosasih, S.I.K., M.Tr Opsla, Forkopimda Kalsel, Wakapolda Kalsel, Irwasda, Dir Polairud dan Pejabat Utama Polda Kalsel di Aula Mathilda Batlayeri Polda Kalsel, Jumat (16/2/2024) siang.


Dalam Konferensi Pers tersebut Kapolda Kalsel Irjen Pol Winarto menyatakan bahwa penyelidikan intensif dilakukan oleh Dit Polairud Polda Kalsel setelah menerima laporan dari Korban PT. Musimas (Pemilik Minyak Fame) dan PT. Pancaran (Pemilik Kapal TB Royal 27). Hasilnya, 13 orang tersangka dari 16 tersangka yang terlibat dalam aksi pembajakan tersebut berhasil ditangkap di daerah Sampit, Palangkara (Kalteng), Pulau Natuna (Kepulauan Riau) dan Kabupaten Selayar (Sulsel).


Para tersangka yang berhasil ditangkap adalah Aktor intelektual, Eksekutor lapangan, dan Penadah yang masing-masing berinisial ME, PE, MK, RY, YD, KH, SH, SG, JF, AY, LW, AS, dan JF. "Kasus ini terungkap setelah adanya laporan polisi pada tanggal 6 Februari 2024 lalu, hingga akhirnya dalam waktu kurun tiga hari 13 orang tersangka berhasil ditangkap oleh Dit Polairud Polda Kalsel.


Dalam aksinya, para tersangka tidak hanya terjadi membajak kapal, namun juga melakukan tindak kekerasan terhadap awak kapal dengan menggunakan pistol mainan dan senjata tajam," ujarnya.


Kapolda pun menuturkan, kronologis kejadian tersebut dimana Kapal TB Royal 27 yang bermuatan minyak Fame Sebanyak ± 3.959 KL milik PT. Musim Mas dengan jumlah Crew Kapal 14 orang berlayar dari Sampit (Kalteng) menuju PT. Pertamina Tanjung Manggis Karang Asem Bali.



Saat berada di Perairan Tanjung Selatan Kabupaten Tanah Laut, Provinsi Kalsel Kapal TB Royal 27 dinaiki 8 orang tidak dikenal menggunakan sarana jenis kelotok dan melakukan pengancaman menggunakan parang dan senjata pistol mainan kemudian melakukan penyekapan dan mengambil barang pribadi milik Crew Kapal serta merusak barang inventaris alat navigasi Kapal.


Crew Kapal yang disekap mengintip melalui jendela kamar dan melihat adanya SPOB Bagas Dinar Jaya 01 dan SPOB Sumber Baru Mulia melakukan pengambilan dan pemindahan minyak Fame sebanyak kurang lebih 600 KL dengan menggunakan mesin pompa dan selang.


Setelah berhasil memindahkan minyak Fame, SPOB Bagas Dinar Jaya 01 dan SPOB Sumber Baru Mulia beserta para tersangka kemudian meninggalkan Kapal TB Royal 27. Kemudian Kapal TB Royal 27 yang tiba di Perairan Asam-Asam Kabupaten Tanah Laut Provinsi Kalsel melakukan lego jangkar dan melaporkan kejadian perompakkan kepada Perusahaan.


Tidak hanya mengamankan 13 orang tersangka, namun sejumlah barang bukti pun turut disita Dit Polairud Polda Kalsel diantaranya 2 unit Handphone merk Oppo A58, 1 unit Handphone merk Nokia 105, 1 buah buku tabungan Bank Mandiri, 1 buah Kartu ATM Bank Mandiri, 2 buah Kartu ATM Bank BRI, 1 unit Handphon merk Oppo warna hitam, 1 buah Kartu ATM Bank BCA, Uang tunai Rp. 517.150.000,-


Kemudian 1 unit Kapal SPOB Sumber Baru Mulyo lengkap dengan dokumen dan muatan, Fame ± 350 KL, 1 buah Kartu ATM Bank Mandiri, 1 unit Handphone Satelit merk Thuraya dan Charger, 1 buah Kartu ATM Bank Mandiri, 1 pcs Celana jeans merk Cardinal, 1 pcs Sendal merk Rip Curl, 1 unit Handphone merk Vivo X50.


Selain itu ada juga 1 buah Pistol mainan, 5 buah Senjata tajam, 1 buah Handphone merk Oppo, Sarung tangan dan Tali, U…

TANAH LAUT - Personil dalam Pengamanan suarat suara Pemilu 2024 di PPK Jorong mendapat pemeriksaan Kesehatan dari Puskesmas Jorong, Kegiatan ini dilakukan di Aula Kantor Kecamatan Jorong Kabupaten Tanah Laut, Jum’at (16/2) pagi.

Kapolres Tanah Laut, AKBP Muhammad Junaeddy Johnny, S.I.K., M.H., melalui Kapolsek Jorong Iptu Joko Sulistiyo, S, S.H., mengatakan kegiatan tersebut merupakan bagian dari upaya menjaga kesehatan dan vitalitas tubuh para personil yang bertanggung jawab dalam pengamanan PPK. 

“Dokter puskesmas memberikan pelayanan kesehatan secara langsung, memeriksa kondisi kesehatan para personil, serta memberikan vitamin sebagai suplemen untuk menjaga vitalitas tubuh mereka” Ucap Iptu Joko

Selain itu, kegiatan ini juga memastikan kondisi kesehatan para personil dalam pelaksanaan tugas jaga mereka. 

“Hal ini merupakan langkah proaktif dari Puskesmas Jorong untuk memastikan kesehatan para petugas pengamanan yang bertugas dalam proses PPK” Tutup Kapolsek Jorong.

Dengan adanya pemeriksaan kesehatan ini, diharapkan para personil pengamanan PPK dapat melaksanakan tugas mereka dengan kondisi fisik yang prima dan menjaga kesehatan mereka selama bertugas.

Statistik Pembaca